Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Seo Web Development

Pengertian Domain Lengkap dengan Kegunaannya

Hay sobat Newcyber.NET, kali ini mimin mau cerita sedikit nih tentang domain dan kegunaan nya, soalnya akhir-akhir ini mimin lagi banyak pertanyaan tuh terutama dari para anak-anak RPL KKL dan TKJ KKL dari berbagai SMK yang saat ini magang di Newcyber.NET Corporation ūüôā Salam buat kalian para murid ganteng dan cantik.. hehe..

So, langsung saja ya kawan simak penjelasan dari kami,

Domain adalah sebuah nama yang dibuat dan diberikan untuk mengidentifikasi, mengganti dan menerjemahkan alamat ip dari server, hosting, atau jaringan. contohnya : jika server/hosting kita beralamat ip 104.24.96.211, kita bisa langsung membukanya pada browser untuk mengakses website kita, namun apakah alamat ip tersebut mudah di ingat ? tentu saja tidak, jadi disinilah peranan domain, yaitu mengubah ip 104.24.96.211 menjadi namadomain.com sehingga mudah diingat. Fungsi ini mirip seperti nama contact pada handphone yaitu mengubah nomor handphone menjadi nama pemilik nomor tersebut.

Nama-nama Domain
Contoh Kumpulan Nama-Nama Domain

Sebuah domain terdiri dari dua bagian atau lebih, sebelah kiri sebelum titik adalah label, sedangkan sebelah kanan setelah titik adalah TLD ( top level domain ). misalnya aripratama.com berlabel aripratama, dan mempunyai tld .com ( dibaca dot com ), namun jika ada domain seperti forum.aripratama.com , berarti kata forum adalah label untuk subdomain. Satu domain bisa mentranslasikan lebih dari satu IP dengan cara menambahkan subdomain, misalnya jakarta.namadomain.org akan dipointing ke ip pada server di jakarta, semarang.namadomain.org dipointing ke ip pada server di semarang, atau bisa juga satu ip namun berbeda direktori pada server, file jakarta pada folder jakarta dan dile semarang ada pada folder semarang di satu server yang sama, tergantung pada pemiliknya.

Berikut adalah TLD beserta dengan kegunaannya :

  • .com¬†digunakan untuk kepentingan komersial, karena kepanjangan dari commercial¬†bukan¬†computer, jangan salah. Untuk regional Indonesia bisa juga memakai¬†.co.id
  • .net¬†digunakan untuk keperluan janringan atau network, namun sekarang net digunakan untuk¬†pengganti¬†jika domain dengan tld com sudah dipakai orang lain, istilahnya¬†alternatif
  • .gov¬†digunakan untuk pemerintahan, untuk Indonesia¬†.go.id
  • .edu¬†digunakan untuk institusi pendidikan sama seperti¬†sch.id¬†(sekolah sd,smp,sma,smk), ac-id (¬†perguruan tinggi¬†)
  • .org¬†digunakan untuk¬†organisasi¬†(¬†non profit¬†) di indonesia bisa memakai¬†or.id
  • sedangkan untuk negara ada juga yaitu¬†.id .us .my .jp .cn¬†dan lainnya

Untuk artikel lain tentang DNS, NS, MX dan lainnya akan saya bahas di lain waktu.. hehe

Mungkin itu saja tentang domain, apa itu domain dan fungsinya. Saya mohon maaf apabila ada kekurangan, tolong dikoreksi jika ada kesalahan.

Terima Kasih

Author

Newcyber.NET

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *