Google Chrome Versi Terbaru Kini Tak Bisa di Jalankan di Komputer Lawas

14Feb, 2021

Hay sobat Newcyber.NET, Apakah sobat masih menggunakan komputer lawas buatan tahun sebelum 2003? Peramban Chrome terbaru mulai versi 89 berkemungkinan besar tidak akan bisa berjalan lagi di komputer Sobat lho ... Kok bisa ?

Jawabannya Simak di Sini;

Sebab, browser itu kini membutuhkan set instruksi Streaming SIMD Extensions 3 (SSE3) agar bisa berfungsi. Persyaratan tersebut dituangkan oleh tim developer Chromium dalam sebuah dokumen kebijakan baru.

"Di prosesor x86 (Intel dan AMD) tanpa dukungan SSE3, Chrome akan mengalami crash. Installer Chrome akan mencoba mengakhiri pemasangan lebih awal, tapi mungkin juga bakal crash," tulis tim developer.

SSE3 sendiri pertama kali di perkenalkan di prosesor-prosesor Intel mulai tahun 2003. Kemudian, prosesor-prosesor AMD mulai menyertakan set instruksi tersebut mulai tahun 2005.

Untuk melihat apakah prosesor komputer mendukung set instruksi tertentu seperti SSE3, pengguna Windows dapat mengunduh program CPU-Z dan melihat bagian "Instructions". SSE3, jika keterangan tersebut ada maka keterangan itu akan berada setelah SSE2 dan sebelum SSSE3.

Pengguna Google Chrome Versi lawas yang komputernya terdampak dengan perubahan kebijakan ini akan mendapatkan notifikasi yaitu mulai dari (Chrome versi 87) ke bawah, bahwa mereka perlu melakukan upgrade pada CPU untuk bisa menggunakan Google Chrome versi terbaru.

Akan tetapi, berdasarkan investigasi team Newcyber.NET nih sob, perubahan terkait SSE3 yang di perlukan untuk Chrome mulai versi 89 itu hanya berdampak untuk komputer berbasis Windows saja kok sob, jadi bagi yang memakai OS selain windows sih dapat di pastikan akan aman-aman saja.

Seperti peramban Chrome versi Mac, Android, dan Chrome OS tidak akan terpengaruh karena pada system mereka memang sudah menggunakan atau sudah ditanamkan system SSE3 sejak lama.

Oke sob, mungkin segitu dulu nih info yang mimin berikan buat para pecinta Google Chrome dan para developer yg selalu pakem Chrome Dev juga untuk menjalankan aplikasi kalian atau project kalian maka siap-siap aja deh untuk upgrading PC processor ya, semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih sudah mampir dan salam luar biasa. 🙏


Related  Tutorial Install ADB Driver dan Fastboot di Windows dan Mac OS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dicari Penulis Artikel dengan Tema Tutorial Seputaran Software ataupun Android!

X