Tutorial Lengkap Cara Menghapus Shortcode yang Tidak Terpakai pada WordPress

07Mei, 2020

Shortcode adalah salah satu fitur yang biasanya disediakan untuk mempermudah penggunaan sebuah plugin. Namun sayangnya fitur ini bisa mengganggu tampilan sebuah situs bila shortcode sudah tidak lagi digunakan. Pada artikel kali ini, kita memberikan pembelajaran mengenai cara menghilangkan shortcode yang sudah tidak terpakai pada WordPress Anda.

Shortcodes adalah fitur yang diperkenalkan oleh WordPress sejak versi 2.5. Shortcodes ini berfungsi sebagai makro yang digunakan untuk memanggil sebuah fungsi suatu widget ataupun plugin tertentu dan dapat dipasangkan pada sebuah pos, laman atau widget.

Menghapus shortcode tentu adalah pekerjaan mudah karena Anda hanya perlu menghapusnya seperti yang biasa Anda lakukan pada sebuah teks.

Yang sulit adalah bila Anda tidak mengetahui di mana letak shortcode berada, apalagi bila Anda memiliki banyak pos. Memeriksa satu-persatu pos tentu akan sangat menyita waktu.

Bila Anda mengetahui nama shortcode yang akan Anda hapus, maka menghapus shortcode tersebut akan menjadi mudah, dan Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut:

Menghapus Shortcode pada WordPress

Ada empat cara yang kita akan jelaskan di sini. Bila Anda familiar dengan koding, ada beberapa cara manual yang bisa Anda gunakan, namun hati-hati! Bila Anda ragu melakukannya sendiri, masih ada terdapat banyak plugin yang tidak kalah bermanfaat kok dan sudah kita bagikan caranya dibawah, jangan berhenti diini ya.. ! 🙂

1. Menghapus shortcode melalui database WordPress

Cara menghapus shortcode melalui phpMyAdmin sama persis seperti cara melakukan search and replace. Untuk melakukannya, cukup ubah ‘nama-shortcode’ pada kode berikut:

UPDATE wp_posts SET post_content = REPLACE (post_content, '[nama-shortcode]', '');

Sebagai catatan Anda harus menghapus satu-persatu shortcode dan cara ini akan cukup sulit bila Anda tidak dapat mengingat shortcode yang Anda gunakan.

Related  [Exploit Kit] Bleeding Life (2.0)

2. Menonaktifkan shortcode

Cara kedua mungin ini akan sedikit unik karena kita akan membuat shortcode untuk digunakan sebagai alat menonaktifkan shortcode. Cara ini akan sangat berguna apabila kelak Anda akan menggunakan shortcode ini lagi. Dengan cara ini, shortcode yang kita akan hapus nantinya tidak akan hilang namun tidak juga terlihat pada front-end situs web kalian.

Untuk melakukannya, cukup tambahkan kode berikut pada file functions.php.

add_shortcode('nama-shortcode', '__return_false');

3. Menonaktifkan shortcode tanpa menghapus konten di dalamnya

Pada cara sebelumnya, ada kalanya konten yang ada pada shortcode tersebut juga ikut ‘dihilangkan’. Bila Anda masih ingin tetap menampilkan isi konten pada shortcode tersebut, sebenarnya kita bisa menggunakan cara pertama. Namun bila Anda ragu untuk mengubah database WordPress, kita bisa menggunakan kode yang akan menampilkan konten yang berada pada sebuah shortcode.

Untuk melakukannya, cukup tambahkan kode di bawah ini pada file functions.php, jangan lupa untuk mengganti ‘nama-shortcode’ dengan shortcode yang akan Anda nonaktifkan.

function extract_shortcode_content ($atts, $content) {
    return do_shortcode ($content);
}
add_shortcode ('nama-shortcode', 'extract_shortcode_content');

4. Menghapus shortcode dengan plugin

Pada dua cara sebelumnya, satu syarat agar cara tersebut berjalan dengan baik adalah Anda harus mengetahui nama shortcode yang akan Anda hapus, lalu bagaimana bila Anda tidak mengetahuinya?

Untuk Anda yang takut menerapkan cara-cara di atas, ada cara mudah untuk menghapus shortcode yang sudah tidak terpakai lagi pada WordPress Anda dengan menggunakan bantuan plugin. Pilihan yang cukup unik dan disukai banyak developer website untuk fungsi ini adalah Remove Orphan Shortcodes, namun kali ini kita akan memberi contoh menggunakan Shortcode Cleaner Lite. Keduanya bekerja dengan sangat baik, sama-sama memiliki rating yang baik, dan masih rutin diupdate.

Related  Cara Mengatasi HTTP Error 500 dan HTTP Error 503


Setelah memasang dan mengaktifkan Shortcode Cleaner Lite plugin ini akan secara otomatis menghapus semua shortcode yang mereka temukan pada blog Anda. Hasil kerja plugin ini dapat Anda lihat pada dasbor Shortcode Cleaner Lite.


Pada dasbor Anda bisa melihat daftar shortcode yang sudah dihapus. Bila Anda klik salah satu shortcode tersebut, akan ada laporan lengkap di mana saja shortcode tersebut diletakkan.


Meski mempunyai nama Shortcode Cleaner Lite, plugin ini memiliki fitur dasar yang sudah cukup untuk sekedar menghapus shortcode yang tidak terpakai pada WordPress. Pada menu pengaturannya, Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Menghapus shortcode pada pos, laman, dan custom post.
  • Menghapus shortcode pada judul, kutipan, dan RSS.
  • Menghapus shortcode pada widget.
  • Memberikan pengecualian pada shortcode agar tidak dihapus.
  • Menghapus konten yang ada pada shortcode.

Kesimpulan

Selesai sudah tutorial kali ini, kita berharap artikel ini bisa membantu Anda dalam menghapus shortcode yang sudah tidak Anda pakai lagi.

Dari keempat cara di atas, menggunakan plugin adalah cara termudah dan tercepat dalam mencari dan mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh shortcode, apalagi mungkin kita tidak hapal semua shortcode yang sudah kita gunakan.

Apakah Anda memiliki trik lain dalam menghapus shortcode yang tidak terpakai pada WordPress? Jangan segan untuk memberikan kritik dan saran Anda pada komentar di bawah ini yah! Salam sukses selalu dari mimin Ganteng 🙂 Wassalamuálaikum, WR. WB.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dicari Penulis Artikel dengan Tema Tutorial Seputaran Software ataupun Android!

X
Trust Guard Security Scanned