Cara mengatasi “A required CD/DVD drive device driver is missing.” Bagian II ( Cara 2 )

23Feb, 2020

Kali ini untuk tutorial yang kedua ya sob dari tutorial yang pertama kita sudah belajar mengenai cara mengatasi masalah tersebut di atas, kami sekarang akan menuliskan masalah yang sayangnya kami alami kembali saat berusaha menginstall Windows 7 dari USB Flashdisk di komputer. Tiba- tiba dalam proses instalasi muncul pesan kesalahan “A required CD/DVD drive device driver is missing.” dan mau tidak mau ini menggagalkan proses tersebut. Padahal setup Windows 7 yang saya gunakan sebelumnya tidak pernah bermasalah, dan menggunakan tool resmi dari Microsoft untuk membuatnya. Sekarang bagaimana cara mengatasinya?

Pesan error ini selengkapnya adalah:
Load Driver

A required CD/DVD drive device driver is missing. If you have a driver floppy disk, CD, DVD, or USB flash drive, please insert it now.

Note: If the Windows installation media is in the CD/DVD drive, you can safely remove it for this step.

Artinya adalah driver untuk perangkat CD, DVD, atau USB Flashdisk hilang. Kalau dirasa cukup aneh karena Windows sebelumnya berhasil mengenalinya dan menjalankan proses setup, cuma di tengah – tengah saja gagal.

Setelah berusaha mencari apa penyebabnya dan bagaimana solusi untuk mengatasi error ini. Saya bahas dulu apa masalah yang mengakibatkan drivernya hilang, ternyata pada versi Windows Installer tertentu bisa kehilangan deteksi perangkat USB aktif dan putus koneksinya dengan hardware yang terpasang. Jadi Windows Installer akan berusaha mencari dimana lokasi USB Flashdisk tersebut dan tidak menemukannya dari tempat sebelumnya mendapatkan data. Masalah ini bisa terjadi pada Windows 7 dan Windows Server 2008.

Cara memperbaikinya ternyata sangatlah mudah:

  1. Anda cukup membatalkan proses instalasi dengan menekan tombol Cancel. Anda akan kembali pada jendela Selamat Datang (Welcome Screen).
  2. Setelah itu anda harus melepaskan flashdisk tersebut dan memasangnya kembali pada slot atau port yang berlainan.
  3. Kemudian klik Install Now, maka setelahnya setup Windows akan mengenali kembali adanya perangkat USB dan menlanjutkan proses instalasi.
Related  Gratis WP Schema Pro v2.1.2 Terbaru [Update] Wordpress Plugin Download 2020

Semoga berhasil. 🙂


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dicari Penulis Artikel dengan Tema Tutorial Seputaran Software ataupun Android!

X
Trust Guard Security Scanned