Tutorial Lengkap Cara Install Ubuntu Linux di Windows 10

15Agu, 2020

Hay sobat Newcyber.NET, tahukah Sobat bahwa sekarang sobat sekalian bisa meng-install ubuntu subsystem di windows 10 tanpa harus dual boot lho? Yaps, tanpa perlu repot harus menginstall secara dual boot kalian sudah bisa mencoba dan sekaligus belajar ubuntu. Jadi kalian tidak perlu lagi download image ubuntu yang ukuran file nya lumayan ngabisin kuota kaalian nih sob.. hehe 🙂

Gimana? Sobat sekalian pasti penasaran bukan? Nah, maka dari itu kita bakal kupas tuntas mengenai Tutorial Lengkap Cara Install Ubuntu di Windows 10, jadi simak baik-baik tutorial di bawah ya;

Berikut Persyaratan yang harus Kalian siapkan;

Windows 10 OS Build Minimal 16215

Windows 10 anda harus update minimal build 16215. Anda dapat memastikan versi build windows 10 anda dengan cara klik kanan start menu > Setting > System > About. Jika OS Build Windows 10 kalian masih dibawah 16215, diupdate dulu ya windows 10nya.

Perlu diperhatikan juga bahwa windows 10S tidak support fitur ini, jadi bagi yang laptopnya memiliki OS Windows 10s , anda harus melakukan upgrade ke Windows 10 Pro terlebih dahulu.

Nyalakan Windows Feature: Windows Subsystem for Linux

Pastikan bahwa Windows Feature: Windows Subsystem for Linux anda sudah tercentang dengan cara memastikannya di Control Panel > Programs and Features > Turn Windows Feature on or off seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Install

Jika persyaratan diatas sudah dipenuhi, maka anda sudah siap untuk menginstall ubuntu subsystem di windows 10 anda. Untuk menginstall silakan masuk ke Aplikasi Microsoft Store. Lalu klik logo search di kanan atas dan ketikan ubuntu, kemudian akan muncul dropdown keyword tersebut. Pilih dan klik ubuntu.

Related  Cara Menampilkan Open PS2 Loader Pada Menu Free MC Boot Update Lengkap 2020

Klik install seperti gambar dibawah ini:

Setelah instalasi selesai, maka akan muncul tombol Launch. Klik tombol launch dan ubuntu akan melakukan proses instalasi lanjutan.

Anda akan diminta untuk mengisi username, password untuk username default ubuntu anda.

Selamat! Anda sudah berhasil menginstall ubuntu subsystem di Windows 10. Sekarang anda bisa menggunakan ubuntu walaupun OS anda Windows 10.

Extra

Sebagai info tambahan, linux subsystem yang dapat diinstall di windows 10 bukan hanya ubuntu saja, anda dapat melihat website microsoft untuk melihat list-listnya.

Nah, sobat Newcyber.NET yang kita hormati, itu tadi artikel mengenai Tutorial Lengkap Cara Install Ubuntu Linux di Windows 10, semoga dapat bermanfaat ya bagi sobat yang baru belajar Linux 🙂 Terimakasih sudah mampir, jangan sungkan untuk berkomentar di kolom komentar yang sudah kami sediakan di bawah ya sob, Wassalamuálaikum, WR. WB


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dicari Penulis Artikel dengan Tema Tutorial Seputaran Software ataupun Android!

X
Trust Guard Security Scanned