Sumber CDN Selain RawGit yang Telah di Tutup di Tahun 2019

19Jan, 2020

Seperti yang kita tahu, RawGit merupakan salah satu situs layanan Open Source sumber CDN untuk memuat file static dari link GitHub. Beberapa tahun yang lalu sejak Google Code resmi ditutup pada awal tahun 2016, dari situ saya mulai menggunakan GitHub untuk menyimpan file-file script yang biasa saya tambahkan di template-template yang saya bagikan di sini maupun di situs Idntheme. Link dari file script tersebut saya convert melalui situs RawGit agar bisa terbaca di template Blogger.

Namun beberapa hari yang lalu saya dikejutkan dengan dua kabar. Pertama dengan kabar tentang Alphabet yang akan menutup layanan Google+ karena diduga ada celah (bug) yang mengekspos 500 ribu data pribadi pengguna dan kabar kedua tentang RawGit yang sudah tidak melayani convert link yang baru lagi dan itu akan berdampak pada hilangnya akses langsung dari GitHub ke link ekternal yang ditambahkan ke dalam template yang mengakibatkan error pada blog karena jembatannya (RawGit) sudah tidak berfungsi. Untuk layanan RawGit sudah tidak aktif pada bulan oktober tahun 2019 lalu.

Alternatif Sumber CDN Selain RawGit

Maka dari itu di sini saya akan memberikan rekomendasi beberapa Alternatif Sumber CDN Selain RawGit yang bisa sobat gunakan :

GitHack

GitHack merupakan salah satu situs layanan Open Source sumber CDN yang bisa sobat gunakan, cara kerjanya sama seperti RawGit dan saat ini saya mulai mengganti semua link di dalam template dari RawGit ke layanan GitHack. Selain GitHub, GitHack juga mendukung file yang di hosting dari Bitbucket dan GitLab. Selengkapnya.

jsDelivr

Cara kerjanya hampir sama seperti RawGit yang merupakan layanan Open Source sumber CDN, di sini sobat bisa mengkonversi link langsung dari RawGit ke jsDelivr. Selengkapnya.

Related  Mikrotik Simulator Gratis menggunakkan GNS3 dan Cloud Hosted Router (CHR)

Staticaly

Dan Staticaly adalah alternatif lain dari GitHack dan jsDelivr. Di sini sobat bisa mengganti link dari RawGit ke Staticaly sama seperti jsDelivr. Selengkapnya.

Cara Mengganti Semua Link RawGit di Dalam Template

Caranya cukup mudah, di sini sobat hanya perlu mengganti semua link ini di dalam template maupun dalam kode yang sobat tambahkan di dalam postingan :

GitHack

https://cdn.rawgit.com/

Ganti semua dengan link

https://rawcdn.githack.com/

Atau dari Staticaly

https://cdn.rawgit.com/

Ganti semua dengan link

https://cdn.staticaly.com/gh/

Nah selesai. Untuk pengguna template custom blog bisa melakukan hal di atas untuk menjaga blog agar tetap berjalan dengan baik walaupun itu sifatnya hanya sementara dan kita tidak tahu sampai kapan layanan tersebut akan tetap aktif karena layanan CDN di atas merupakan layanan Open Source.

Itulah postingan untuk Alternatif Sumber CDN Selain RawGit, semoga dapat memberikan manfaat bagi sobat semua. Wassalam.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trust Guard Security Scanned