Panduan Lengkap Cara Install Windows 10 Untuk Pemula

19Mar, 2018

Tutorial Install Ulang Windows 10

Pendahuluan

Untuk menginstall ulang windows, pastikan anda membackup semua file penting anda yang ada di data C, karena saat install ulang data C anda akan di format semua. Sehingga pastikan tidak ada file penting di dalamnya. Dan sebelumnya cek komputer anda mendukung sistem 64 bit atau 32 bit. Jika perangkat anda hanya mendukung 32 bit, lalu anda menginstall windows 10 64 bit, laptop atau komputer anda akan lemot, karena akan bekerja keras untuk menjalankan sistemnya. Jika laptop anda mendukung sistem 64 bit lalu anda menginstall sistem 32 bit, bukan akan tambah ringan latop anda, malah laptop atau komputer anda tidak akan maksimal dalam bekerja. Yang seharusnya prosesor anda bisa lari 3 GHz akan kurang dari itu.

Persiapan File instalasi

Untuk menginstall windows ada dua cara yaitu dengan menggunakan CD atau menggunakan flashdisk. Jika anda membeli dari outlet resmi windows anda akan mendapatkan windows dalam CD, untuk laptop yang mempunyai CD room sih gak masalah anda dapat langsung memasukkannya ke CD room anda dan mulai instalasi. Namun bagaimana untuk yang mempunyai latop yang tidak ada CD roomnya? Bisa di install dengan CD room eksternal jika anda mempunyainya. Jika anda tidak mempunyai CD room eksternal anda dapat menggunakan Flashdisk untuk menginstallnya. Caranya dengan membuat bootable usb. Untuk membuat bootable usb anda dapat membacanya di cara membuat bootable usb.

Tahapan penginstallan

  • Setting komputer anda agar dapat booting lewat usb/CD

Cara Masuk Bios Dell

Restart komputer anda, sebelumnya tancapkan usb jika anda mengunakan flasdisk atau masukkan CD ke Cd room jika menggunakan CD. saat komputer atau laptop anda mati dan mulai menyala dan muncul logo merek laptop anda. Anda dapat masuk ke bios anda atau langsung masuk ke setting booting. Untuk masuk bios umumnya banyak laptop yang menggunakan F2, hal ini bisa anda lihat pada saat pertama menyala tadi, di layar akan ada instruksi tombol apa yang bisa di gunakan untuk masuk bios. Jika langsung masuk ke boot biasanya anda dapat menggunakan tombol F12. untuk menginstall anda dapat masuk ke menu booting, dan ganti booting utama dari USB atau CD yang ada windowsnya tadi.

 

  • Langkah penginstallan

Pemilihan Bahasa saat Installation Set Up

Jika anda sudah berhasil setting booting windowsnya. Anda akan masuk ke windows set up, dan di sini anda di suruh untuk memilih bahasa keyboard. Saat di sini jangan di rubah semua settingnya kecuali keyboard, pada setting ini anda dapat merubah sesuai kebutuhan anda. Lalu klik next.

 

  • Memasukkan product key

Memasukkan Product Key

Pada tahap ini anda diminta untuk memasukkan product key. Biasanya saat anda membeli CD asli windows anda akan mendapatkan key ini pada kemasan Cdnya. Atau anda dapat menskip langkah ini.

 

  • License agreement

Lembar Persetujuan

Pada bagian ini anda hanya perlu mencetang I accept the license terms dan kemudian klik next

 

  • Bagian tipe instalasi

Opsi Instalasi

Di sini anda dapat memilih tipe instalasi yang anda inginkan

Upgrade : anda menginstall windows, tetapi windows lama dan file lain tidak di hapus dan hanya di pindah ke folder windows.old

Custom : anda menginstall windows dengan cara memformat hardisk partisi yang akan di install windows (jika ingin menginstall total anda dapat menggunakan opsi ini).

 

  • Pemilihan partisi hard disk

Pemilihan Partisi instalasi windows

Pastikan partisi yang anda pilih adalah partisi disk C, karena semua sistem akan terinstall di situ. Jika sudah anda akan di berikan berbagai menu, dan pilih format. Setelah itu anda dapat klik next.

 

  • Proses instalasi

Proses Instalasi

Pada proses ini anda hanya di minta menunggu samapi proses instalasi selesai. Biasanya memerlukan waktu 10 sampai 15 menit saja. Setelah proses selesai sistem akan merestart dirinya sendiri untuk finalisasi instalasi.

 

  • Setting pengaturan umum windows

Setting pertama Windows 10

Dalam bagian ini proses instalasi selesai, pada bagian ini anda hanya di suruh mengisi nama komputer, nama anda dan paswoord jika anda ingin memberi pasword.

 

Setelah itu windows sudah dapat di gunakan. Windows 10 dapat di gunakan tanpa menggunakan driver. Namun akan lebih baik kinerjanya jika anda menginstall driver khusus laptop anda. Hal ini akan memaksimalkan kinerja laptop anda.

Start windows 10

Saat anda instal tadi anda belum mengaktifkan windows dengan mengisi produck key, akan anda watermark windows pada layar bagian kanan bawah. Untuk mengaktifkan windows anda dapat membaca Cara aktivasi Windows 10.

 

Sungguh sangat mudah kan cara menginstall windows sendiri? nah mulai sekarang anda tidak perlu mengluarkan banyak uang untuk menginstall laptop anda ke tukang reparasi.


Tinggalkan Balasan

X