Mulai Belajar Buat Website Sendiri Yuk!

26Mar, 2016

Dari sekian sedikit artikel blog gak penting ini, saya lihat gak ada yang bagus satu pun 😀 nah, sekarang saya akan coba membuat artikel tentang pembelajaran bahasa pemrograman website. Kalau udah dengar kata “bahasa pemrograman” maka tidak jauh lagi dengan dunia “percodingan”. Dari sekian banyak manusia normal didunia ini menganggap dunia coding itu kejam, cuma bikin pusing 😀 mungkin mereka belum tahu serunya begelut dengan bug, erroryang sampai kebawa tidur 😀

Pada artikel ini saya coba usahakan untuk mengambil berdasarkan pengalaman saya sendiri sebagai programmer dibidang web walaupun gak jago-jago amat dan pengalaman sekitar 4 tahun jadi programmer *eh malah curhat :v. Untuk lebih jelasnya scroll yuk kebawah!

Kenapa Harus Pemrograman Web?

Kenapa harus pemrograman web?  kenapa bukan bahasa pemrograman yang lain aja? untuk yang pertama ini saya rasa alasannya sangat sederhana berdasarkan pengalaman saya, alasannya saya bagi menjadi seperti berikut:

Software yang digunakan untuk membuat web mudah didapat dan banyak yang gratis

Untuk alasan yang pertama adalah masalah software untuk membuat web, software untuk membuat web jika kamu menggunakan sistem operasi windows itu cukup menggunakanNotepad sebagai text editor(untuk penulisan kode) dan Internet Explorer sebagai browser(memproses kode dan menampilkan tampilan website).

Atau kalau kamu bosan dengan kedua software tersebut kamu bisa menggantinya dengan software lainnya, aplikasi semacam Notepad(untuk menulis kode):

Sofware pengganti Internet Explorer (untuk memproses kode):

Jadi sofware mana saja yang akan kita gunakan? saya sarankan untuk text editor adalah sublime text kenapa sublime text? karena dari sekian banyak aplikasi text editor mulai dari yang gratis sampai yang berbayar menurut saya yang paling nyaman adalah sublime text selain ada versi gratisnya sublime text juga ringan dan compatible untuk PC low spec.

Kalau untuk browsernya apa? untuk browsernya kita akan menggunakan Mozilla Firefox kenapa Mozilla Firefox? karena selain gratis aplikasi browser yang satu ini compatible untuk PC low spec dan update versinya cepat. Tapi untuk kedepannya kita akan menggunakan beberapa browser sekaligus, kenapa? karena kita akan mengecek website yang kita buat apakah tampilannya masih bagus ketika dibuka dibrowser lain?.

Pemasaran hasil projek

Nah, berikutnya masalah tentang pemasaran hasil projek kita. Kalau web  selesai dibuat lalu diapakan? didiemin gitu aja? membuat web bukan sekedar membuat web dan juga bukan seperti membuat gorengan yang hanya digoreng lalu dipasarkan. Membuat web itu alsannya disini saya bagi jadi 2 yaitu:

  1. Membuat website sesuai keinginan klien dan kita menurutinya
  2. Membuat website sesuai keinginan kita dan klien menurutinya

Alasan yang pertama maksudnya apa? alasan yang pertama ini maksudnya kita membuat website ketika hanya ada pesanan dari klien dan kita menuruti apa yang diinginkan klien. Kalau gak ada pesanan jadi ngangur dong kita? tentu tidak, seorang programmer web ataupun programmer yang lainnya jika mereka sudah mencintai atau merasa nyaman dengan dunia perkodean/perkodingan maka mereka gak bisa jauh-jauh dari koding terkadang ketika tidak ada pesanan atau projek dari klien maka kita akan menjalankan alasan kedua.

Alasan kedua maksudnya apa? alasan kedua ini maksudnya kita membuat website sesuai dengan keinginan sendiri dan ide sendiri tanpa ada campur tangan dari klien saat kita membuat website tersebut. Kalau websitenya udah jadi dikemanain? kalau projek web yang kita buat sudah selesai maka kita menjualnya. Jual dimana? kita bisa menjualnya dibeberapa situs besar untuk menjual template seperti di themeforest.net atau yang lainnya atau kita bisa menjualnya sendiri dengan cara menawarkan kepada perusahaan yang sedang memerlukan website.

Web itu bisa diakses dimana aja bro!

Alasan berikutnya adalah masalah cara akses website, kalau dibandingkan dengan bahasa pemrograman berbasis desktop maka bahasa pemrograman berbasis web lah yang cukup mantapmenurut saya, karena bahasa pemrograman website bisa diakses dimana aja dan dari platform apa saja selagi ada browser dan koneksi internet yang menghubungkannya dengan server website tersebut.

Kenapa harus membuat website dari awal?

Terkadang banyak yang bertanya seperti ini, kenapa harus membuat website dari awal kan ada CMS? alasannya sederhana aja, website yang dibuat sendiri tentunya kita akan lebih paham struktur kodenya dibandingkan dengan CMS yang dibuat oleh orang lain walaupun terlihat mudah tinggal install saja tapi tetap saja pasti ada kode yang diedit walaupun satu karakter kode dan ini akan memusingkan kita sendiri karena kita belum paham betul dengan struktur kode CMS tersebut.

CMS yang bersifat opensource(sumber terbuka) seperti wordpress, joomla atau yang lainnya akan rentan dari serangan hacker(peretas), kenapa? karena semua struktur folder, kode dan semuanya bisa dilihat oleh siapa saja asalakan orang tersebut memiki file CMS tersebut dan tentunya mudah untuk para hacker untuk meretas sebuah CMS tersebut. Lalu kenapa website ini menggunakan CMS? alasan saya membuat website ini menggunakan CMS karena masalah waktu 😀 membuat website dengan fitur lengkap mungkin akan memakan waktu selama berbulan-bulan.

Apa saja bahasa pemrograman berbasis web?

Pertanyaan berikutnya adalah apa saja bahasa pmerograman berbasis web? disini saya akan menjabarkan beberapa bahasa pemrograman berbasis web. Berikut penjelasan mengenai bahasa pemrograman untuk membuat website yang saya ambil dari wikipedia :D:

HTML

HTML atau Hypertext Markup Language adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bahasa pemrograman ini juga termasuk kedalam bahasa yang bekerja disisi klien atau client-side yang artinya kode didalamnya akan dieksekusi dibrowser pengunjung website.

PHP

Hypertext Preprocessor (PHP) adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini dan juga salah satu bahasa pemrograman web untuk membuat halaman web yang dinamis. PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows). Bahasa pemrograman ini termasuk kedalam bahasa yang bekerja disisi server atau server-sideyang artinya kode didalamnya akan dieksekusi komputer server.

ASP

ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis. ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.

XML

Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen. Bahasa pemrograman ini bersifat client-side.

PERL

Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC. Bahasa ini bersifat server-side.

Javascript

Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client(client-side).

CSS

Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup.Bahasa ini bersifat client-side.

Bahasa pemrograman apa yang akan kita gunakan?

Untuk memulai belajar website dari awal kita tidak akan menggunakan semua bahasa pemrograman yang dijabarkan diatas, namun kita akan menggunakan beberapa saja dari bahasa pemrograman yang dijabarkan diatas. Bahasa pemrograman yang akan kita gunakan untuk pertama adalah HTML dan CSS namun untuk pertama kita akan mengenal HTML dulu saja ya biar gak pusing 😀 iya gak?. Tapi kenapa hanya HTML dan CSS saja yang kita gunakan untuk membuat website? karena website yang akan kita buat adalah website statis yang artinya website yang kita buat sifatnya tetap tidak berubah-ubah isi kontenya kecuali kita mengubah struktur kodenya.

Kesimpulan

Setelah ngetik panjang-panjang diatas maka saatnya membuat kesimpulan, jadi kesimpulannya adalah kita akan membuat website statis dengan bahasa pemrograman HTML dan CSS. Software apa yang kita gunakan? software yang akan kita gunakan adalah sublime text sebagai editor kode dan firefox sebagai browser.

 

Final Words

Setelah asik-asik membuat artikel ini saya jadi agak bingung apa semua tulisan saya diatas bener? 😀 Jus’t Kidding Bro! inshaa Allah tulisan yang saya diatas bener semua. Jadi tolong kalau kamu merasa ada yang salah dari artikel ini tambahkan di komentar yak 😀 supaya gak salah kaprah. Sampai sini saja tulisan artikel ini harap kesabarannya untuk menunggu lanjutan artikel pembelajaran website ini, sampai jumpa dan semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X