Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.


Warning: Undefined array key "text_align" in /home/wapisend/newcyber.net/wp-content/themes/onum/inc/backend/elementor-widgets/heading.php on line 345
CONTACTS
Freebies How To Web Development

Menghitung Waktu Lamanya Memuat Halaman Dengan PHP

Untuk kali ini saya mau ngasih tutorial tentang menghitung waktu lamanya saat memuat suatu halaman website dengan php. Cara ini saya peroleh dari stackoverflow karena rasa penasaran saya untuk mengetahui “membutuhkan waktu berapa lama sih kalau buat load halaman website?” jadi saya googling dengan kata kunci “calculate page load time in php” dan saya pun menemukannya disini.

Langsung saja berikut ini codingnya, oh iya saya lupa untuk tambahannya dicoding berikut ini juga kita akan tahu berapa banyak memori yang digunakan untuk memuat halaman web tersebut.

Step by step

1. Buka aplikasi text editor favorit kamu.

2. Tuliskan coding berikut ini.

<?php
$starttime = explode(' ', microtime());
$starttime = $starttime[1] + $starttime[0];
$load = microtime();
$loadtime = explode(' ', microtime()); 
$loadtime = $loadtime[0]+$loadtime[1]-$starttime; 
echo "Page generated in ".number_format($load,2)." seconds";
echo " | ";
echo "Peak memory usage: ".round(memory_get_peak_usage()/1048576, 2), "MB";
?>

3. Simpan dengan ekstensi *.php dan jalankan dibrowser.

Penampakan

Final Words

Jujur saja saya pun belum begitu paham dengan beberapa baris coding diatas jadi saya hanya mencoba membagikan tutorial ini kepada teman-teman kodinger. Kalau kamu paham dengan  semua coding diatas silahkan berikan penjelasannya dikomentar okkayyy *cheers. Terima kasih dan sampai jumpa ditutorial berikutnya.

Author

Newcyber.NET

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *