Mengenal Pentingnya Auto Backup dan Manual Backup Pada Web Hosting Anda

08Okt, 2020

Data/file adalah hal yang sangat penting dan bersifat primer bagi bisnis dan website anda. Berbagai upaya untuk mengamankan data sangatlah wajib dilakukan agar data tidak missing atau hilang. Salah satu upayanya yakni dengan melakukan backup file secara berkala.

Tips backup data website:

Pertama, pilih provider Hosting yang menyediakan fitur Auto Backup. Ada yang sudah termasuk dalam fitur layanan hostingnya (internal), ada juga yang berupa layanan tambahan (external).

Kedua, lakukan backup file secara mandiri atau Manual Backup di samping fitur Auto Backup.

Auto Backup

Fitur Auto Backup dapat digunakan dengan menyimpan data backup ke layanan FTP Backup, dengan opsi backup harian (daily) dan mingguan (weekly). Seluruh layanan Cloud Hosting milik Newcyber.NET telah dilengkapi dengan fitur Auto Backup. Namun, khusus layanan Cloud VPS, Colocation Server, dan Dedicated Server harus memesan layanan tambahan FTP Backup untuk mem-backup data servernya. Terdapat 2 macam layanan eksternal FTP Backup, yakni:

Shared FTP Backup

Shared FTP Backup adalah layanan eksternal atau layanan tambahan untuk keamanan ganda pada VPS/Server karena datanya disimpan di Server terpisah dengan server shared hosting. Backup tersebut disimpan dalam Network Attached Storage dengan sistem RAID Mirroring.

Dedicated FTP Backup

Dedicated FTP Backup merupakan upaya pengamanan data pada Server anda (Dedicated Server, Colocation Server, dan Cloud VPS). Newcyber.NET menyediakan Setup Server khusus (dedicated) untuk menyimpan data-data backup.

Manual Backup

Manual backup/backup secara mandiri juga sangatlah penting anda lakukan meskipun layanan Hosting yang anda gunakan telah dilengkapi fitur Auto Backup. Alasannya tak lain adalah untuk meningkatkan keamanan data dengan lebih optimal karena melibatkan anda sebagai pemilik data. Manual backup memang wajib dilakukan agar:

  • Mudah melakukan restore data
  • Data website aman disimpan pada PC/laptop maupun storage lain yang digunakan jika suatu saat dibutuhkan.

Oke sobat Newcyber.NET, itu tadi adalah sedikit penjelasan mengenai Pentingnya Auto Backup dan Manual Backup Pada Web Hosting Anda, semoga bermanfaat ya sob, salam sukses selalu, Wassalamuálaikum, WR. WB. 🙂


Related  Canon Pixma MX394 Download Driver

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dicari Penulis Artikel dengan Tema Tutorial Seputaran Software ataupun Android!

X
Trust Guard Security Scanned