Cara Berpindah ke OpenDNS atau Google DNS untuk Mempercepat Koneksi Internet

15Jul, 2020

Penyedia layanan internet lokal Anda mungkin tidak memiliki server DNS tercepat. Itu dapat memperlambat kecepatan loading sebuah situs pada browser, karena browser Anda perlu mencari alamat IP dari setiap situs web yang Anda coba lihat. Berikut adalah cara beralih ke OpenDNS atau Google DNS untuk waktu penjelajahan yang lebih cepat.

Server DNS  bekerja dengan mencocokkan nama domain yang Anda ketikkan ke dalam aplikasi — seperti browser web — ke alamat IP yang terkait. Ketika Anda mengetikkan nama domain di browser Anda, misalnya, PC Anda menghubungi server DNS yang telah terdaftar, server mencari alamat IP untuk nama domain itu, dan kemudian PC dapat memadamkan permintaan penelusurannya ke alamat IP itu. Masalahnya adalah bahwa sebagian besar ISP mempertahankan server DNS yang bisa sedikit lambat dan tidak dapat di andalkan. Google dan OpenDNS keduanya memelihara server DNS publik mereka sendiri, gratis, yang biasanya jauh lebih cepat dan lebih dapat diandalkan. Anda hanya harus memberi tahu komputer Anda untuk menggunakannya.

Catatan: Teknik dalam artikel ini berfungsi di Windows 7, 8, dan 10.

Berikut ini adalah langkahnya ;

Klik kanan ikon status jaringan di baki sistem Anda, dan kemudian klik "Buka Pusat Jaringan dan Berbagi" pada menu konteks.

Di jendela "Jaringan dan Pusat Berbagi", klik tautan "Change Adapter Settings" di kiri atas.

Di bagian "Network Connections", klik kanan koneksi yang ingin Anda ubah pengaturan DNS, dan kemudian lanjut tekan "Properties" pada menu konteks.

Di sebelah properti, pilih "Internet Protocol Version 4 (TCP / IPv4)" pada daftar, dan kemudian tekan tombol "Properties".

Related  Perbedaan Antara VPN dan Proxy Server yang Jarang Orang Ketahui

Setengah bagian bawah dari properti "Internet Protocol Version 4 (TCP / IPv4)" menunjukkan pengaturan DNS. Pilih opsi "Gunakan alamat server DNS berikut". Selanjutnya, ketikkan alamat IP untuk server DNS pilihan dan alternatif yang ingin Anda gunakan. Berikut adalah alamat IP untuk Google DNS dan Open DNS:

Google DNS

Lebih di sukai:  8.8.8.8
Alternatives:  8.8.4.4

OpenDNS

Lebih di sukai:  208.67.222.222
Alternatives:  208.67.220.220

Kami menggunakan Google DNS dalam contoh kami, tetapi jangan ragu untuk menggunakan mana yang Anda suka. Saat Anda mengetikkan alamatnya, klik tombol "OK".

Selesai. Mulai sekarang, Anda sudah menggunakan DNS yang lebih cepat dan lebih dapat di andalkan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan dapat sedikit membantu.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dicari Penulis Artikel dengan Tema Tutorial Seputaran Software ataupun Android!

X