Membuat Aplikasi Android dengan Flutter, Mengenal Flutter Aplikasi Mobile Native Android & iOS Maker

08Jun, 2020

Apa itu Flutter?

Flutter adalah software development kit untuk pengembangan aplikasi mobile yang di kembangkan oleh Google dengan kinerja tinggi, high-fidelity dan dapat di publikasikan ke platform android dan iOS hanya dari codebase tunggal.

Pada dasarnya Google mengakui bahwa ini merupakan “first-response” atas kehadiran React Native, sebuah open source cross platform yang di kembangkan oleh GitHub pada tahun 2015.

Flutter di rilis pada Mei 2017 lalu, namun masih dengan status alpha. Saat ini Flutter sudah masuk ke versi Beta v0.3

Flutter akan mudah di pelajari karena menggunakan bahasa pemrograman dart, terlebih kalau sudah familiar menggunakan Java.

Teknologi yang digunakan Flutter

Flutter dapat memiliki kinerja yang tinggi karena di dukung berbagai teknologi seperti C, C++. Dart, Skia sebagai mesin render 2D, Blink sebagai sistem render, dan Mojo IPC

http://developer-journey.com/2018/02/08/introduction-to-flutter/

Flutter dapat di gunakan pada sistem operasi Android 4.1 atau lebih tinggi dan iOS 8 atau lebih tinggi. Selain itu, Flutter dapat di jalankan pada perangkat asli maupun Android emulator, serta iOS simulator.

Apa saja keunggulan Flutter?

Ada banyak platform yang bisa di gunakan ketika mengembangkan aplikasi cross-platform. Sebut saja React Native, Xamarin, Nativescript, dsb.

Namun ada beberapa keunggulan yang di berikan Flutter, seperti;

  • Dart Bridge, size aplikasi memang lebih besar namun kinerjanya lebih cepat daripada React Native yang menggunakana Javascript bridge

http://developer-journey.com/2018/02/08/introduction-to-flutter/
  • Animasi super-smooth, tetap di 60fps kecuali terlalu banyak element
Related  [Tools, Tips & Tutorials] [MIUI Device Team] TWRP 3.0.2.0, ROOT - FLASHER TOOLKIT Redmi 4A

The Bad Side?

  • Dart, bagi yang sudah terbiasa dengan Java/Kotlin/C#, akan mudah beradaptasi dengan Dart. Namun akan berbeda jika kebalikannya.

Jika teman-teman ingin mempelajari lebih lanjut tentang Flutter, dapat langsung menginstal Flutter melalui panduan berikut ini

Oke, End of Words, sekian sedikit penjelasan mengenai flutter dari admin ya gaes.. hehe 🙂 semoga bermanfaat, sumber sumber di ambil dari mbah google dan medium.com, salam sukses selalu.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dicari Penulis Artikel dengan Tema Tutorial Seputaran Software ataupun Android!

X