Virus Corona : Kumpulan Tempat yang Rawan Jadi Sumber Penyebaran Covid-19, Hati-Hati Ya!

03Okt, 2020

Hay sobat Newcyber.NET, lagi dan lagi tren nih 7 Tempat yang Rawan Jadi Sumber Penyebaran Covid-19, sobat sekalian harus Hati-Hati Ya! – Sudah berbulan-bulan bahkan hampir menuju tahun lamanya bumi kita ini sudah dilanda pandemi virus Corona. Tidak hanya satu atau beberapa negara saja, virus tersebut telah menyerang hampir mendekati angka 100% negara yang ada di permukaan bumi. Dengann fase penularan yang cukup mudah dan cepat membuat pemerintah dunia mau tidak mau harus membatasi mobilitas penduduk dengan menetapkan kebijakan lockdown. Namun, apakah sobat sekalian sudah tahu bahwa ada beberapa tempat yang rawan jadi sumber penyebaran Covid-19 di sekitarmu sob?

 

Informasi Terbaru Seputar Tempat yang Rawan Jadi Sumber Penyebaran Covid-19

Selain protokol kesehatan yang berupa penggunaan masker dan menjaga kebersihan, pandemi Covid-19 ini juga mengharuskan kita untuk menjaga jarak dari orang lain. Orang-orang memilih untuk menghindari tempat-tempat yang berkemungkinan besar menimbulkan kerumunan. Pasalnya, semakin banyak orang berkumpul maka potensi penyebaran atau penularan Covid-19 juga akan semakin tinggi. Nah, karena itu sob, berikut ini adalah daftar lengkap yangg sudah mimin ringkas menjadi beberapa tempat yang rawan jadi sumber penyebaran Covid-19 dan sobat sekalian wajib untuk berhati-hati.

Sekilas Tentang Covid-19

Sebelum membahas soal tempat yang rawan jadi sumber penyebaran Covid-19, Newcyber.NET akan sedikit membahas seputar Covid-19. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, virus Corona sendiri sebenarnya merupakan keluarga besar virus yang menjadi penyebab penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia biasanya ditemukan penyakit berupa infeksi saluran pernapasan seperti flu hingga MERS (Middle East Respiratory Syndrome) dan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome). Virus Corona jenis baru muncul dan ditemukan pada tubuh manusia setelah sebuah kejadian luar biasa di Wuhan, China pada bulan Desember 2019 dan diberi nama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2).

Related  Adobe Reader 9 Version 11.0.0 Full Version

SARS-COV2 inilah yang kemudian menyebabkan penyakit Coronavirus Disease-2019 atau yang kita kenal sebagai Covid-19. Gejala paling umum dari virus ini adalah demam dengan suhu ≥ 38oC , batuk kering, dan sesak napas dengan masa inkubasi selama 14 hari. Sebanyak 1 dari 6 orang bisa saja menderita sakit yang lebih parah seperti pneumonia atau kesulitan bernapas yang biasanya muncul secara bertahap. Sehingga, setiap orang yang pernah pergi ke negara atau tempat yang rawan jadi sumber penyebaran Covid-19 atau pernah berkontak dengan penderita dalam kurun waktu 14 diharuskan menjalani pemeriksaan laboratorium.

 

Cara Penularan Utama Covid-19

Di masa pandemi ini, akan lebih baik jika sobat sekalian tetap berada di rumah saja jika tidak ada urusan yang benar-benar penting. Jika sobat memang mau tidak mau harus pergi ke tempat-tempat yang rawan jadi sumber penyebaran Covid-19, kamu tentunya wajib memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Gunakan masker, membawa hand sanitizer, serta tetap menjaga jarak serta kontak fisik dengan orang lain. Pasalnya, kamu tidak tahu siapa yang menjadi pembawa virus tersebut di sekitarmu.

Menurut Kementerian Kesehatan Indonesia, cara penularan utama dari virus tersebut adalah melalui tetesan kecil atau droplet yang dikeluarkan oleh seseorang ketika mereka batuk atau bersin. Droplet tersebut kemudian terjatuh ke benda di sekitar manusia dan membuat benda tersebut terkontaminasi. Orang lain yang menyentuh benda tersebut lalu menyentuh mata, hidung, atau mulut kemungkinan besar akan tertular. Memang penularannya bukan melalui udara, tetapi kamu tetap harus berhati-hati dan selalu mematuhi protokol kesehatan terutama di tempat yang rawan jadi sumber penyebaran Covid-19.

Daftar Lengkap Tempat yang Rawan Jadi Sumber Penyebaran Covid-19

Nah, sobat Newcyber.NET sudah tahu kan seberapa bahayanya Covid-19 ini? Karena alasan tersebut kemudian pemerintah melarang masyarakat untuk pergi ke beberapa tempat yang rawan jadi sumber penyebaran Covid-19. Pemerintah sendiri kemudian menyebutkan bahwa ada 7 tempat yang rawan jadi sumber penyebaran Covid-19 dan masyarakat wajib berhati-hati. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Related  Free Download Logosmartz Logo Maker v10 Full Crack

 

1. Kantor

sumber penyebaran virus Covid-19 adalah Kantor.

Kantor tenyata masuk ke dalam tempat yang rawan jadi sumber penyebaran Covid-19. Di masa new normal, banyak perusahaan yang memberlakukan ketetapan di mana karyawan harus kembali bekerja di kantor. Kebijakan tersebut justru membuat peluang penyebaran Covid-19 menjadi lebih besar di kantor, mengingat bahwa akan ada banyak orang yang berkumpul di kantor. Belum lagi jika masyarakatnya tidak mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Pada bulan Maret 2020, dilaporkan bahwa 97 dari 811 karyawan di call center di Seoul, Korea Selatan dinyatakan positif Covid-19. Sementara di Indonesia, terdapat kasus di mana 21 orang karyawan PT. Unilever Indonesia Tbk dinyatakan positif Covid-19 juga. Hal tersebut menyebabkan salah satu pabrik TBB (tea based beverage) ditutup sementara sebagai bentuk pencegahan penularan lebih lanjut. Hal inilah yang kemudian membuat kantor atau pabrik masuk ke dalam daftar tempat yang rawan jadi sumber penyebaran Covid-19.

 

2. Pasar

sumber tempat penyebaran virus covid-19 adalah pasar

Tempat yang rawan jadi sumber penyebaran Covid-19 selanjutnya adalah pasar. Seperti yang kita semua ketahui, pasar merupakan salah satu tempat bertemunya banyak orang dan kolasinya jelas cenderung padat. Orang-orang yang pasti akan kesulitan menjaga jarak ketika di dalam pasar. Belum lagi fakta bahwa awal penyebaran virus tersebut adalah dari sebuah pasar di Wuhan, China. Pada tanggal 6 Juli 2020, Dewan Pimpinan Ikatan Pasar Indonesia atau Ikappi mencatat bahwa sudah ada 833 pedagang di 164 pasar di 72 kabupaten/kota di Indonesia dinyatakan positif tertular Covid-19 dnegan 35 di antaranya meninggal dunia.

Jumlah tersebut masih terus bertambah dan beberapa pasar akhirnya ditutup sementara untuk menghindari penyebaran lebih luas. Bukan kok terus sobat sekalian tidak boleh pergi ke pasar, namun akan ada baiknya jika sobat memperhitungkan waktu yang tepat di mana tidak ada terlalu banyak orang. Sebagai salah satu tempat yang rawan jadi sumber penyebaran Covid-19, kamu tentunya tetap harus memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penularan. Gunakan masker yang layak serta langsung membersihkan diri setelah pulang dari pasar.

 

3. Sekolah

sumber tempat penyebaran virus covid-19 adalah Sekolah.

Pemerintah tentunya tidak mau mengambil risiko penularan virus Covid-19 kepada para siswa sekolah dan memilih untuk membuat siswa belajar dari rumah saja. Ya, sekolah juga merupakan salah satu tempat yang rawan jadi sumber penyebaran Covid-19. Menurut laporan pada tanggal 9 Juli 2020, Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (Secapa AD) Bandung menjadi klaster baru virus Corona. Sebanyak 1.262 orang dinyatakan positif terinfeksi dan 17 di antaranya diharuskan mendapat perawatan serta isolasi di rumah sakit.

 

4. Tempat Makan

sumber tempat penyebaran virus covid-19 seelanjutnya adalah Restoran.

Kembalinya para pekerja ke kantor dan pabrik membuat tempat makan menjadi ramai kembali. Para pekerja tersebut memilih untuk makan siang di tempat makan sekitar kantor dan menyebabkan kerumunan terutama di jam makan siang. Akibatnya, tempat atau rumah makan masuk ke dalam jajaran tempat yang rawan jadi sumber penyebaran Covid-19. Bukannya sobat sekalian tidak boleh, hanya saja untuk setiap masyarakat yang hendak makan di tempat makan mana pun harus tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

5. Hajatan atau Pertemuan

sumber tempat penyebaran virus covid-19 selanjutnya adalah tempat resepsi pernikahan.

Banyak orang hendak menggelar acara hajatan atau pertemuan di masa pandemi Covid-19. Meskipun sudah dibatasi jumlah orang yang hadir, bukan tidak mungkin bahwa hajatan dan pertemuan merupakan salah satu tempat yang rawan jadi sumber penyebaran Covid-19. Pada tanggal 25 Juni 2020, sebuah keluarga mengadakan hajatan pernikahan dengan membatasi jumlah tamu. Namun penularan virus tetap tidak bisa dihindarkan dan menyebabkan adik dan ibu pengantin tertular virus Covid-19.

6. Transportasi Umum

sumber tempat penyebaran virus covid-19 selanjutnya adalah transportasi umum.

Selanjutnya adalah transportasi umum yang juga masuk ke dalam daftar tempat yang rawan jadi sumber penyebaran Covid-19. Seorang penumpang pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 682 yang mendarat di Bandara Domina Edward Sorong dilaporkan positif Covid-19 pada tanggal 28 Juni 2020. Sebanyak 90 orang penumpang dengan penerbangan yang sama harus menjalani isolasi mandiri selama dua minggu dan 43 di antaranya diharuskan menjalani tes swab. Berkaca dari kasus tersebut, kamu wajib berhati-hati jika kamu memang tidak punya pilihan selain pergi dengan menggunakan transportasi umum.

 

7. Tempat atau Petemuan Ibadah

sumber tempat penyebaran virus covid-19 selanjutnya adalah tempat beribadah.

Terakhir adalah tempat atau pertemuan ibadah yang juga merupakan tempat yang rawan jadi sumber penyebaran Covid-19. Sebuah kasus besar penyebaran Covid-19 di Korea Selatan berasal dari sebuah rumah ibadah yaitu Shincheonji Church of Jesus yang menyimbang 80 persen dari 1.700-an kasus positif bulan Februari 2020. Beberapa acara ibadah di Indonesia juga terpaksa dibatalkan demi menjaga keselamatan dan keamanan jamaah. Tempat-tempat ibadah juga terpaksa ditutup dan jika masih ada yang buka, para jamaah harus menjaga jarak satu sama lain selama prosesi ibadah berlangsung.

Demikian informasi yang bisa Newcyber.NET sampaikan kepada sobat-sobat sekalian mengenai seputaran tempat yang rawan menjadi sumber penyebaran Covid-19. Tidak hanya ke tempat-tempat tersebut, sobat tetap harus menjaga protokol kesehatan ke mana pun kamu akan pergi. Selalu gunakan masker, membawa hand sanitizer, dan menjaga jarak dari orang lain serta membersihkan diri begitu sampai di rumah. Kalau tidak terlalu penting, alangkah lebih baik bagi kamu untuk tetap berada di rumah saja.

 

sources : mamikos.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dicari Penulis Artikel dengan Tema Tutorial Seputaran Software ataupun Android!

X
Trust Guard Security Scanned