Kenapa Membuat Sebuah Blog itu Harus Sesuai dengan Hal yang Kita Suka?

31Mar, 2020

Mungkin sebagian dari kalian berfikir bahwa menghasilkan ratusan juta per bulan dari blog bahasa Indonesia adalah sesuatu yang cuma bisa dilakukan oleh media-media besar. Tapi bagaimana jika saya bilang itu hal yang wajar?

Hal yang Harus dilakukan Oleh Seorang Blogger dari Awal dia Terjun ke Dunia Blogger adalah sebagai berikut :

1. Kamu adalah Orang yang Penuh Keyakinan

Hal ini mungkin hanya akan Terbukti dari keberanian kamu meninggalkan pekerjaan, bahkan kamu berani sedikit gambling dengan meminjam uang untuk menutup kekurangan penalti kamu ke perusahaan yang telah membiayai mu.

Ini bukan perkara mudah untuk mengambil keputusan sebesar itu mengingat saat ini usia kamu masih muda misalnya.

2. Kemauan Belajarmu Sungguh Tinggi

Kita bisa melihat bahwa kamu menawarkan diri ke saya untuk membantu saya mengerjakan project saya dan tim tanpa saya bayar. Tujuan kamu cuma satu, bisa belajar langsung dari SOP yang sudah saya buat.

Jadi jangan dikira saya ngajarin kamu secara penuh, sama sekali enggak. kamu mengamati apa yang saya kerjakan, mengamati SOP saya dalam mempublish artikel (karena saya tugaskan untuk publish artikel), tanpa sekalipun bertanya sama saya.

Dari situ, kamu mencatat segala sesuatunya, bener-bener di catat. Bahkan ketika beberapa minggu yang lalu bertemu saya, kamu catat jawaban-jawaban dari saya.

“Takut sampai rumah lupa mas”, begitu katamu.

Related  Cara Install Mikrotik di Virtualbox Hingga Mengakses MikroTik Winbox

3. Disiplin

Disiplin ini yang menurut saya susah ditiru, kamu bisa gak tidur kalau pikiran kamu belum kosong.

Bayangkan, kamu siang musti kerja di perusahaan, ngurus blog kamu sendiri, dan bantuin saya setiap harinya. Tanpa disiplin waktu, semua gak bakal bisa. Tanya diri kalian, kira-kira sanggup jika nanti itu di posisi kamu?

4. Etos Kerja

Dia punya etos kerja yang menurut saya luar biasa. Pernah suatu ketika, ternyata kamu sudah punya 1 karyawan (penulis), tapi kala itu kamu masih membantu saya.

Dan hal yang terjadi, tanggung jawab yang saya bebankan ke kamu tetap kamu sendiri yang mengerjakan. Padahal bisa saja kamu minta penulisnya untuk menggantikan kamu membantu saya. Sekali tanggung jawab, tetap tanggung jawab.

Etos kerja inilah yang sampai saat ini kamu pegang, terbukti meskipun kamu sekarang sudah punya sekitar 5 orang penulis, kamu tetap memastikan urusan Quality Control di tangan kamu.

5. Fokus Menyelesaikan Masalah daripada Mengeluh

Saya ambil contoh yang sangat sederhana saja. Coba bayangin di tempat yang pelosok, gunung, suhu mencapai 14 derajat celsius, kira-kira ada internet gak?

Udah itu aja, pasti udah paham maksud saya kan?

Buatlah blog sesuai minatmu!

Coba buka daftar blog yang kalian punya, berapa banyak blog yang cuma dibikin karena ngejar AdSense doang?

Misalnya, kalian gak punya pengetahuan soal otomotif, gak punya hobi otomotif, tapi karena demand gede, ya udahlah bikin.

Bikin blog yang gak sesuai passion sebenarnya sah-sah aja, asal kalian benar-benar memastikan bahwa artikel yang kalian sajikan bener-bener worth untuk pengunjung. Gak cuma asal rewrite atau beli di jasa penulis artikel doang.

Nah, apa yang dilakukan sama pemilik blog diatas juga seperti itu, dia adalah orang yang punya hobi di bidang teknologi. Maka dia buatlah blog untuk menyalurkan hobi dia.

Related  Cara Membuat Website Sederhana dengan HTML 5

Bahkan ni…

Meskipun dia sekarang sudah punya sekitar 4-5 penulis pribadi di rumahnya, tapi Quality Crontol tetep di tangan dia. Dia tetep terjun ke urusan posting dan editing untuk benar-benar memastikan semua hal sesuai dengan SOP dia. Jadi gak cuma beli atau bayar orang, trus posting langsung.

Kenapa sih musti bikin blog sesuai dengan hal yang kita suka?

Ini yang sering saya share ke temen-temen. Dan jawabannya sederhana banget.

1. Tidak Mengejar Uang

Mengejar uang buat saya adalah sebuah kebodohan!

Tugas kita sebagai manusia adalah menanam, urusan panen itu urusan yang diatas.

Cak Nun

Saya tumbuh sebagai masyarakat Maiyah, dan akhirnya banyak pola pikir saya yang terbentuk oleh hal-hal yang disampaikan oleh Cak Nun. Pola pikir itu pula yang sering saya selipkan ke sharing-sharing saya baik di sosial media maupun di inner circle saya, Newcyber.NET.

Membangun blog yang berdasarkan minat kita akan membuat kita lebih tulus dan ikhlas. Saya ambil contoh sederhana, dari blog saya ini misalnya, saya bahkan gak tau mau monetizing blog ini kedepannya atau enggak. Yang saya lakukan hanya membangun blog ini untuk menyalurkan isi kepala saya. Saya cuma membuat sebuah arsip tentang apa yang sedang ada dipikiran saya.

Itupula yang dilakukan oleh si pemilik blog berpenghasilan ratusan juta perbulan dari AdSense diatas.

2. Membuat Kita Semangat

Pernah gak kalian tertarik dengan sesuatu kemudian ketertarikan tersebut membuat kalian terngiang-ngiang sampai gak bisa tidur?

Saya pernah diceritain sama yang punya blog ini.

Pernah saya pas masih di Jakarta mas, masih kerja. Dulu saya lupa mas Prima itu nge-share apa, tapi sharing tersebut bikin saya gak bisa tidur karena saya belum paham maksud mas Prima ini apa. Saya mikirin itu dan nyari-nyari di Google buat mahamin apa yang mas Prima maksud.

BTW saya lupa kalimat aslinya bagaimana, cuma yang jelas kalau kalian udah nemu hal yang interesting seperti ini, segala sesuatu akan lebih menyenangkan untuk dijalani.

Related  RemoveWAT 2.2.6 Windows 7 Working Activator Download

Membangun blog yang sesuai minat kita akan membuat kita tidak mudah “patah” ketika kita belum mendapatkan hasil berupa uang. Ya karena itu, orientasinya adalah menyalurkan hobi, syukur-syukur dapet duit. Mindset ini yang harus dibangun terlebih dahulu.

3. Tidak Mudah Puas

Tidak mudah puas disini jangan diartikan sebagai serakah ya. Tapi lebih ke kita akan merasa ingin terus berkembang dan mengembangkan blog yang kita punya. Kita akan terus cari kira-kira apa yang kurang. Bahkan kesalahan tanda baca di artikel langsung buru-buru di benerin, gambar di artikel yang jelek dibenerin, dan banyak hal lain yang akan membuat kita terus mencari hal-hal baru agar blog kita terlihat perfect di mata pengunjung.

Karena apa? Karena kita membangun blog tersebut untuk mengejar kepuasan diri sendiri dibandingkan hanya mengejar uang, uang dan uang.

4. Lebih Mudah Mengelola

Ini poin penting juga dari sisi teknis. Dengan mengelola blog yang sesuai dengan hobi kita, kita akan lebih mudah mengelolanya.

Orang yang hobi merawat kucing akan paham blog soal merawat kucing itu harusnya bagaimana, keyword-nya kira-kira apa aja. Semuanya akan tergambar dengan nyata bahkan tanpa kita harus riset keyword.

Kesimpulannya adalah…

Lakukan sesuatu hal karena hal tersebut akan membuatmu bahagia, uang akan mengikuti di belakangnya.

Prima

Terakhir…

Saya menulis ini bukan untuk kepentingan pribadi atau kepentingan Newcyber.NET, apalagi bikin testimoni soal Newcyber.NET. Newcyber.NET bukanlah kursus berbayar, melainkan sebuah komunitas (gratis) berbasis kekeluargaan.

Semua tulisan ini sengaja saya publish karena secara pribadi saya memiliki kekaguman terhadap sosok yang dimaksud dalam tulisan ini. Minimal bisa menjadi pengingat untuk diri saya pribadi atau teman-teman di Newcyber.NET lainnya.

Sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X
Trust Guard Security Scanned