Download XIAOMI/Redmi USB Driver Terbaru [Update]

31Jan, 2021

Hay sobat Newcyber.NET, kali ini kita akan bagikan sedikit tutorial serta link download XIAOMI/Redmi USB Driver Terbaru [Update] yang sudah saya upload dan update link downloadnya ke versi terbaru.

Ya! lagi-lagi sama saja, kalian bisa menggunakan Smartphone Android Xiaomi itu sama seperti seri Smartphone Android lain, yaitu kalian bisa terhubung ke Internet, melakukan berbagai macam secara Wireless dan kalian juga bisa menghubungkan Smartphone Android Xiaomi ke PC untuk beragam kegiatan, seperti Transfer File , Mode MTP atau Mode Pengembangan .

Driver USB Xiaomi / Redmi

Pada bahasan kali ini, kita hanya akan berada pada permasalahan Driver USB yang di gunakan Xiaomi / Redmi saja, karena hal ini sangat penting untuk masuk secara baik dan benar, jika tidak jelas saja kalian tidak akan bisa menghubungkan Smartphone Android Xiaomi kalian ke PC dan pastinya beberapa hal di bawah ini tidak akan bisa melakukan:

  • Buka kunci Bootloader
  • AKAR
  • Flash
  • ROM Kustom, Kernel, Pemulihan, dll
  • Transfer File / Data (MTP)
  • Pemeliharaan
  • Command Prompt (Pengembangan)


Seperti yang terlihat, jika Xiaomi kalian tidak bisa terhubung ke PC denga kabel USB, maka jelas saja kalian tidak akan bisa melakukan hal penting dan keren seperti yang sudah kami sebutkan diatas.

Maka, di sini di perlukan sebuah Driver USB Xiaomi secara khusus agar semua itu dapat di jalankan dengan semestinya.Sebenarnya secara default OS Windows tersebut bisa membaca dan menginstall secara langsung Driver USB dari Xiaomi secara otomatis , ketika Smartphone Xiaomi kalian di sambungkan ke PC untuk pertama kalinya, tetapi hal ini tidak berlangsung selalu, karena ada beberapa kondisi yang menyebabkan Driver tersebut tidak ter-install secara otomatis, maka dengan demikian di sinilah kalian perlu menginstallnya secara manual.

Beda Driver USB Android dan Driver USB Xiaomi

Pada aktual sama saja, yaitu berfungsi untuk membuat Smartphone Android Xiaomi kalian bisa terhubung ke PC dengan baik yang selanjutnya bisa di gunakan untuk penggunaan CMD dengan bantuan Driver ADB dan Fastboot Driver .

Yang menjadi pembedannya adalah terdapat pada Fitur tambahan yang membangun Ekslusif di Xiaomi, seperti saat kalian melakukan Flash , Unlock Bootloader dan melakukan Maintenance dengan Tools Produktivitas dari Xiaomi, maka di sinilah Xiaomi USB Driver itu bisa terlihat fungsinya.

Jika kalian hanya menggunakan Android USB DriverBiasa yang bersifat Universal saja, maka sudah pasti kalian tetap bisa terhubung Smartphone Android Xiaomi kalian ke PC Windows, tetapi dalam lingkung yang terbatas, seperti melakukan Transfer Data dari Mode MTP saja.

Maka, dengan demikian alangkah lebih baik jika kalian menggunakan Driver USB yang memang sudah di buat khusus oleh Xiaomi saja, karena hal ini akan mengacu pada tingkat kesuksesan dan kecocokan terhadap Alat produkivitas (Software) yang di ciptakan oleh Xiaomi.

Cara Atasi Xiaomi / Redmi yang tidak terbaca di OS Windows

Seperti yang sudah kami singgung di atas, pada OS Windows itu bisa saja langsung menginstall Driver Smartphone Android Xiaomi kalian pada saat pertama kali di hubungkan ke PC / Komputer untuk pertama kalianya.

Namun, bisa juga Driver tersebut gagal terinstall secara otomatis yang biasanya di sebabkan oleh beberapa hal ini:

  1. Kesalahan OS Windows.
  2. Terbaca sebagai virus (gara-gara penggunaan aplikasi Anti-Virus )
  3. Driver yang di Install dalam mode Illegal dan berbaya (solusinya bisa dengan cara Disable Driver Signature Enforcement ).
  4. ROM MIUI yang di gunakan memiliki Bugs.
  5. Firmware yang di gunakan tidak stabil.


Sebenarnya masih ada banyak hal lain yang membuat Driver USB Xiaomi tersebut tidak bisa di instal secara baik ke PC Windows yang kalian miliki.

Namun, tenang masalah ini bisa kalian menyelesaikan dengan mudah, yaitu kalian hanya perlu menginstall Driver USB Xiaomi / Redmi tersebut secara manual saja, maka masalah ini akan terselesaikan dengan sangat cepat dan efektif tentunya.

Selain itu masalah ini dapat diandalkan untuk mengatasi beragam masalah yang sering, seperti:

  1. Tidak terbaca di aplikasi Mi Flash Unlock.
  2. Mi Flash Unlock (Mi Unlock Tool) gagal melakukan Unlock Bootloader (UBL).
  3. ABD dan Fastboot Driver tidak bisa membaca koneksi dari Smartphone Xiaomi kalian.
  4. Tidak bisa di gunakan untuk penggunaan Data Transfer atau USB MTP.
  5. Tidak terbaca saat menggunakan Mode Test Point.


Jika kalian menemui masalah serupa atau sejenis yang sudah kami sebutkan di atas, maka masalah tersebut bisa terselesaikan dengan menginstall USB Driver Xiaomi versi Terbaru ini saja, kalau tidak percaya coba saja sendiri.

Unduh Xiaomi USB Driver Terbaru

Di bawah ini kami sudah sediakan Driver USB khusus Xiaomi dan juga Driver Android USB Universal, silahkan kalian pilih dan gunakan sesuai kebutuhan dengan indikasi sebagai berikut:

  1. Android USB Driver (Untuk penggunaan biasa seperti Transfer Data (MTP) dan menjalankan fungsi ADB dan Fastboot).
  2. Xiaomi USB Driver (Untuk penggunaan tingkat lanjut dalam kegiatan Unlock Bootloader, Flash, Maintenance dengan bantuan Software dari Xiaomi, seperti Mi Flash Unlock, Mi Flash Tool dan Mi PC Suite).

Jika, kalian sudah mengerti apa yang kalian inginkan maka, silahkan Donwload salah satu dari 2 buah USB Driver yang sudah kami sediakan di bawah ini:

Password: newcyber.net

Sekali lagi, silahkan pilih saja salah satu sesuai kebutuhan, jika ingin yang Advance gunakan Xiaomi USB Driver saja dan tidak perlu menggunakan Android USB Driver, tetapi jika kalian tidak memerlukan hal seperti Flash, UBL dan lainnya, cukup gunakan saja Android USB Driver saja, karena Driver tersebut sudah mampu untuk hanya sekedar di gunakan dalam melakukan Transfer Data dan fungsi ADB dan Fastboot.

Driver USB Xiaomi ini sudah bisa mendukung / Support untuk semua versi Smartphone Android Xiaomi , seperti seri Xiaomi Mi , Xiaomi Redmi , Redmi (Sub-Brand)  dan juga Black Shark semua versi.


JIKA Sudah Kalian Kalian
Unduh , silahkan Extract setelahnya di Tempat Yang Mudah untuk review Kalian temukan, JIKA Sudah silahkan ikuti Instruksi selanjutnya.

Debugging USB

Hal pertama yang harus kalian lakukan sebelum menginstall Xiaomi USB Driver Terbaru ini adalah dengan mengaktifkan Mode Developer atau Developer Options dulu, selanjutnya aktifkan juga USB Debugging .

Karena cara ini adalah syarat utama yang akan membuat Smartphone Android Xioami kalian bisa terhubung ke PC Windows melalui koneksi yang di lakukan dari Kabel USB , jika tidak kalian tahu caranya ikuti tutorial di bawah ini:

Sekali lagi, fitur USB Debugging aktif, karena jika tidak maka proses selanjutnya tidak akan bisa di laksanakan.

Jika sudah kalian aktifkan dan sudah kalian aktif dengan sebenar-benarnya, silahkan ikuti langkah selanjutnya.


Cara Install Xiaomi USB Driver di OS Windows

  1. Silahkan Buka Tool yang bernama  Device Manager,  cari di  Start Menu  atau di  Control Panel >> Hardware & Sound >> Devices and Printers >> Device Manager .
  1. Silahkan buka Tool  Device Manager .
  2. Biarkan saja aplikasi Device Manager terbuka, lalu hubungkan Smartphone Android Xiaomi kalian dengan  Kabel USB ke Komputer atau PC Windows yang kalian miliki.
  3. Sorot pada List Menu, harusnya muncul Menu baru yang bernama Other Devices atau Portable Devices (Pasti muncul di salah satu List Menu tersebut, pilih dan buka saja List Menu tempat munculnya Koneksi yang telah kalian buat dengan Kabel USB, pada kasus kami, List Device tersebut muncul di Portable Devices).
  4. Jika sudah, tekan Klik Kanan pada List Device yang telah muncul.
  5. Pilih Opsi Update Driver.
  6. Selanjutnya silahkan cari Android USB Driver / Xiaomi USB Driver yang sudah kalian Download dan Extract sebelumnya.
  7. Pada tahap ini pilihlah Opsi Browse my Computer for driver Software.
  8. Jika sudah menemukan letak Folder USB Driver tersebut, tekan saja Next.
  9. Jika berhasil, maka akan muncul pemberitahuan seperti ini :
  10. Agar Driver bisa berjalan dengan baik, silahkan lakukan Reboot / Restart OS Windows.
  11. Harusnya sekarang USB Driver Xiaomi sudah terpasang dengan baik di OS Windows yang kalian miliki.
  12. Done.
Related  Gratis Download PC Inspector File Recovery V.7.1 Full Version [Update] Link 2020

 

Langkah Setelah Driver USB Xiaomi Ter-install

Selanjutnya silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan kalian masing-masing, apakah kalian hanya akan menggunakan USB Driver Xiaomi ini untuk penggunaan biasa saja, seperti menggunakan ADB dan Fastboot Driver saja atau menggunakan untuk hal lebih lainnya, seperti ingin melakukan Flashing atau Unlock Bootloader, kalian bebas menentukannya sendiri.


Jika kalian ingin menggunakan fungsi ADB dan Fastboot, maka tentu saja kalian harus menginstall
ADB dan Fastboot Driver dulu di PC Windows yang kalian miliki, silahkan pilih satu ADB dan Fastboot Driver di bawah ini:

  1. ADB Driver + Fastboot Driver (Minimal) Terbaru
  2. ADB + Fastboot Driver Instant (Support hingga Android 10)
  3. Alat Platform Android SDK (ADB + Fastboot Driver versi paling terbaru)
Untuk cara Installnya sudah kami sertakan di dalam masing-masing artikel di atas.
Jika kalian ingin menggunakan USB Driver Xiaomi ini untuk keperluan Flash atau Unlock Bootloader, maka di sini kalian memerlukan sebuah aplikasi khusus yang telah di buat oleh Xiaomi dan aplikasi tersebut adalah Mi Flash Tool (Untuk melakukan Flash Firmware) dan Mi Flash Unlock (Untuk melakukan Unlock Bootloader).
Silahkan Download dan Install aplikasi tersebut melalui artikel yang sudah kami buat di bawah ini :
  • Download Mi Flash Tool Terbaru
  • Download Mi Flash Unlock Terbaru
Setelahnya, silahkan lakukan semau kalian, ingat! jika kalian ingin melakukan sesuatu pastikan kalian tahu apa yang ingin kalian lakukan, jangan sembarangan, pastikan kalian sudah mengerti terkait apa yang akan kalian aplikasikan, jangan lakukan sembarangan, bisa jadi akan berakibat buruk pada Smartphone Android Xiaomi / Redmi kalian.

Smartphone Xiaomi / Redmi masih tidak bisa terhubung ke OS Windows

Meski kalian sudah mengikuti tutorial di atas. Tetapi, pada akhirnya masih tetap saja tidak bisa, maka silahkan lakukan Disable Driver Signature Enforcement dulu, baru ulangi langkah Installasi di atas, jika tidak tahu cara melakukan Disable Driver Signature Enforcement di OS Windows, silahkan ikuti cara di bawah ini :
  • Cara Disable Driver Signature Enforcement Android di OS Windows
Biasanya, yang menyebabkan gagalnya Driver terinstall di OS Windows tersebut, di karenakan System Security OS Windows itu sendiri, yang tidak membiarkan sembarang Driver bisa terinstall, maka untuk mengatasi hal tersebit di perlukan langkah Disable Driver Signature Enforcement sebelum kalian menginstall USB Driver terkait.

Masih saja tidak bisa?

Jika, pada akhirnya masih saja tetap tidak bisa, maka pastinya ada masalah di baliknya dan masalah tersebut bisa saja datang dari 2 hal ini :
  1. OS Windows yang kalian gunakan.
  2. Firmware ROM MIUI yang Ada di Smartphone Android Xiaomi / Redmi kalian.
Related  Free Download Website 2 APK Builder Pro Full Crack 2020
Masalahnya bisa jadi karena beberapa hal ini :
  1. Bugs (cacat) di Firmware atau OS.
  2. Kalian menggunakan aplikasi Anti Virus dengan Proteksi berlebihan.
  3. Kalian menggunakan OS Windows tidak resmi hasil Modifikasi.
  4. Adanya kekurangan Part di OS Windows yang kalian gunakan.
  5. OS Windows mengalami Error.
Selanjutnya pastikan juga secara fisik tidak ada kecacatan seperti pada Port USB di Komputer atau Laptop kalian dan tidak kalah penting silahkan pastikan Kabel USB yang kalian gunakan itu berfungsi dengan baik.
Di sini kami punya beberapa solusi untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu adalah sebagai berikut :
  • Install ulang OS Windows.
  • Gunakan Komputer atau Laptop lain.
  • Upgrade ROM MIUI yang kalian gunakan.
  • Lakukan Facory Reset (Full Wipe) di Smartphone Android Xiaomi / Redmi yang kalian gunakan.
Harusnya dengan melakukan ke-4 hal di atas, maka masalah USB Driver Xiaomi / Redmi yang tidak bisa di gunakan atau terbaca bisa terselesaikan dengan mudah.
Silahkan ikuti satu persatu cara dengan teliti dan dengan sebaik-baiknya, karena jika ada satu saja yang salah atau tertinggal, maka bisa jadi akan berakibat gagalnya proses Install Driver tersebut, jika bingung silahkan tanyakan saja di kolom komentar dan semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat untuk kalian dan juga kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dicari Penulis Artikel dengan Tema Tutorial Seputaran Software ataupun Android!

X