Cara Upload File Website ke Hosting Gratis

20Mar, 2018

Ikuti langkah cara hosting web di idhostinger berikut ini:

Buka URL www.idhostinger.com pada address bar di browser Anda.
Klik “Buat Akun” pada ujung atas sebelah kanan.
hostinger dan upload grati
Anda akan disuguhkan semacam form pendaftaran. Isi aja semuanya dengan benar, terutama email; harus yang valid dan aktif ya (buat konfirmasi dan data hosting gratis nanti). Conteng saya setuju blablabla lalu klik “Buat Akun” jika sudah terisi semua.
cara upload di hosting gratis
Jika sudah, cek email yang tadi didaftarkan. Jika tidak ada di inbox, cek juga ke dahsyat eh, ke folder spam atau bulk email. Buka emailnya, dan klik link konfirmasi yang ada di sana lalu login ulang dengan password yang dimasukkan pada langkah no.3.
Setelah login, Anda akan di bawa ke halaman member area. Arahkan kursor ke menu Hosting, lalu pilih “+Order Hosting Baru”.
cara gratis upload cara menghosting web gratis
Pilih yang GRATIS ya? Kalau berbayar yang dipilih, hosting tidak akan aktif sampai Anda membayarnya. Ingat, pilih tipe yang GRATIS lalu klik “Order”.
Pilih domain dan nama subdomain yang ingin digunakan. Pada gambar di bawah dipilih nama “tutorialhosting” dengan domain “meximas.com” sehingga nanti website Anda akan beralamat di tutorialhosting.meximas.com. Isi kolom password dengan kombinasi unik angka, huruf kecil, huruf besar.
cara upload file web ke hosting gratis
Klik “Lanjutkan” jika semua sudah terisi dan sesuai keinginan. Nanti konfirmasi order akan keluar.
Ketikkan Captcha code yang muncul, dan beri tanda centang pada “Saya setuju dengan ketentuan penggunaan layanan” lalu klik “Order ->”.
cara hosting di hostinger
Berhasil? Selamat! Anda sudah memiliki alamat website dan sudah siap untuk melakukan upload file website Anda. Indikasi jika order berhasil adalah, Anda akan masuk ke halaman “Daftar Akun Hosting”.
Next, klik tanda + di sebelah alamat web yang ada di Daftar Akun Hosting. Lalu pilih “Kelola”; perhatikan gambar berikut:
cara hosting gratis web
Catat dan simpan data yang ada seperti URL website, Alamat IP, Username dan Password. Ini nanti dipergunakan untuk menghubungkan server / hosting dengan file yang ada di laptop atau komputer kita dengan bantuan program FTP (File Transfer Protocol) semacam FileZilla dari Mozilla.
cara upload localhost ke idhostinger
Sebelumnya, jika file Anda menggunakan database di localhost, maka buat juga database mysql-nya di hosting ini. Klik saja menu “Database MySQL”.
cara upload web di idhostinger
Membuatnya mudah saja. Ketikkan nama database (1), username (2) dan terakhir password (3). Klik tombol “√ Buat” (4). Simpan atau catat data-data di atas.
cara upload file web idhostinger
Sudah? Sekarang klik + di sebelah nama database yang dibuat tadi. Lalu pilih “PhpMyAdmin”. Perhatikan gambar ini:
cara upload hosting gratis
Langkah selanjutnya adalah import database dari localhost Anda ke database yang ada di server idhostinger.
Jika database versi localhost sudah tersemat dengan baik di hosting idhostinger, tinggal upload deh file web-nya. Upload dengan program bernama FileZilla.
Ketikkan sesuai kolom URL website (1), username (2) dan kata kunci/password (3) yang sudah dibuat pada langkah nomor 12 di atas. Lalu klik Quick Connect atau Koneksi Cepat (jika program menggunakan bahasa Indonesia).
membuat hosting gratis
Jika berhasil, pada kolom sebelah kanan akan muncul public_html. Upload lah file website Anda yang ada di sebelah kiri menuju ke sebelah kanan.
Ingat, jika ada file website yang menghubungkan dengan database, isinya harus dirubah sesuai database yang kita buat di langkah 14, ya? ?
Done. Selesai sudah. Website Anda yang semula di localhost akan jalan dengan URL dan bisa diakses siapapun ?


Related  Free Download – XenForo 1.5.8 Premium PHP Script [Update] Link Download 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dicari Penulis Artikel dengan Tema Tutorial Seputaran Software ataupun Android!

X
Trust Guard Security Scanned