Tutorial Lengkap Cara Menghilangkan Watermark Test Mode pada Windows 10

10Jul, 2020
Jika tanda tulisan (watermark) Test Mode muncul di desktop Windows 10 Anda dan Anda tidak mengetahui apa sebabnya, maka Anda sudah datang ke halaman yang tepat. Pada tutorial kali ini Newcyber.NET akan membahas mengenai watermark yang seringkali muncul pada pojok kanan bawah desktop Windows 10. Terdapat beberapa tulisan pada watermark Windows 10 ini diantaranya adalah edisi Windows 10, nomor build serta versi Windows 10, dan tanggal rilis Windows 10 tersebut.
Watermark Test Mode Windows 10
Watermark Test Mode Windows 10

Kemunculan watermark Test Mode ini biasanya disebabkan karena pengaturan Test Mode diaktifkan pada Windows 10 Anda entah secara sengaja maupun tak sengaja. Test Mode pada Windows 10 ini dapat dimatikan dengan sangat mudah menggunakan bcdedit.exe yang dijalankan melalui Command Prompt.

Test Mode adalah sebuah fitur yang kini tersemat pada setiap sistem operasi Windows yang berguna untuk menginstall driver yang belum atau tidak resmi menurut Microsoft. Fitur ini sangat berguna pada saat kita ingin mencoba berbagai driver di Windows 10.

Setelah Test Mode diaktifkan, maka Windows akan menampilkan keterangan Test Mode yang berada pada pojok kanan bawah desktop Anda. Test Mode dapat diaktifkan secara manual maupun otomatis. Contohnya pada saat kita menginstall Notepad++ maka Test Mode akan aktif secara otomatis dan perlu dimatikan secara manual. Jika Anda merasa tidak pernah mengaktifkan Test Mode tersebut, maka ikuti langkah sederhana di bawah ini untuk mematikan Test Mode.

Menghilangkan watermark Test Mode

Note: Pada saat Test Mode dimatikan, semua driver yang tidak tersertifikasi oleh Microsoft akan dinonaktifkan sehingga wajar apabila akan ada beberapa perangkat yang fungsinya akan menjadi tidak normal atau tidak berjalan sama sekali.

Related  DNS Nawala dan DNS Speedy untuk Internet Cepat dan Bersih

Langkah 1: Silahkan Anda Jalankan Command Prompt dengan hak administrator. Caranya, ketik CMD di kolom pencarian yang ada di Start menu Kemudian silahkan klik kanan pada Command Prompt dan pilih opsi Run as administrator. Klik tombol Yes jika muncul peringatan User Account Control.

Membuka Command Prompt Windows 10
Membuka Command Prompt Windows 10

Langkah 2: Setelah jendela Command Prompt muncul, jalankan perintah di bawah ini:

Untuk mematikan Test Mode, jalankan perintah ini:

Bcdedit.exe -set TESTSIGNING OFF

Untuk menghidupkan Test Mode, jalankan perintah berikut ini:

Bcdedit.exe -set TESTSIGNING ON

Jika perintah di atas tidak berkerja seperti semestinya, jalankan perintah di bawah ini terlebih dahulu:

Bcdedit.exe -set loadoptions ENABLE_INTEGRITY_CHECKS
Bcdedit.exe -set TESTSIGNING OFF

Selanjutnya tutup jendela Command Prompt dan cek kembali apakah watermark Test Mode masih muncul di desktop Windows 10 Anda. Jika masih, restart komputer Anda terlebih dahulu untuk menerapkan perubahan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dicari Penulis Artikel dengan Tema Tutorial Seputaran Software ataupun Android!

X
Trust Guard Security Scanned