20Mar, 2018

Cara Mengatasi Error Code 38 Corel Draw X4 ~ Postingan Tips dan Trik kali ini akan membahas “Cara Mengatasi Error Code 38 Corel Draw X4“. Sebagai seorang yang menyukai Desain Grafis, saya seringkali menggunakan Corel Draw untuk membuat desain seperti logo, banner dan lainnya. Karena spesifikasi komputer saya yang tidak terlalu bagus, saya sering mematikan beberapa proses yang tidak penting melalu Task Manager.

Ketika ingin menjalankan Corel Draw X4, tiba-tiba muncul peringatan seperti ini, “Product installation unsuccessful, please reinstall (Error 38)“. Pada awalanya saya berpikir, mungkin selama installasi ada beberapa file yang corrupt atau saya tidak melakukan prosedur installasi dengan benar. Yah, memang diakui bahwa ketika menginstall sebuah aplikasi, saya lebih senang melakukan customisasi. Memilih konfigurasi yang perlu saja, sehingga tidak memberatkan kinerja komputer. Dan mungkin hal ini lah yang menyebabkan muncul pesan “Product installation unsuccessful, please reinstall (Error 38)” ketika saya menjalankan CorelDraw X4 ini.

Setelah mengulangi proses intallasi yang saya yakini sudah sesuai dengan prosedur dan merestar komputer. Ternyata pesan ini selalu muncul dan saya tidak dapat menggunakan CorelDraw X4. Namun, setelah googling dan mencari solusinya ternyata sangat sederhana sekali permasalahannya. Penyebabnya adalah karena layanan fungsional yang melindungi perizinan tidak berjalan dengan semestinya.

Caranya untuk mengatasi “Product installation unsuccessful, please reinstall (Error 38)” ini adalah dengan menjalankan layanan (service) tersebut. Berikut langkah-langkahnya.

Masuk ke Explorer > klik kanan My Computer > pilih Manage.

Lalu pilih Services and Applications > pilih Services > klik kanan Protexis Licencing V2 > pilih Start.

Cara Mengatasi Error Code 38 Corel Draw X4
*klik pada gambar untuk memperbesar

Coba jalankan kembali CorelDraw X4, jika langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar, maka CorelDraw X4 dapat berjalan sebagai mana mestinya. 🙂

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingan “Cara Mengatasi Error Code 38 Corel Draw X4” ini. Semoga bermanfaat bagi sobat pembaca sekalian. 🙂


Tinggalkan Balasan

X