Cara Membuat Website Gratis dengan Mudah: 5 Langkah

20Mar, 2018

Hello sobat Newcyber, kali ini saya akan memberikan tips untuk membuat website gratis dengan 5 langkah mudah 🙂 Langsung saja ya sob, berikut Tips dan Trik nya, jangan lupa biar enak baca nya sambil ngemil dan buat lah secangkir kopi yang hangat ya sob :

Langkah 1: Tentukan tujuan membuat website gratis

Agar kamu bisa tepat sasaran saat membuat website, harus diputuskan terlebih dahulu keperluannya untuk apa. Sebab, nantinya ini akan berpengaruh terhadap jenis layanan online yang akan kamu gunakan nantinya.

Biasanya, ada empat fungsi utama website: sebagai blog, sebagai toko online, sebagai portfolio online pribadi, dan sebagai portfolio online perusahaan. Nah, yang mana yang ingin kamu capai?

Langkah 2: Tentukan layanan platform online yang sesuai

Selanjutnya, kamu tinggal memilih platform online yang bisa membantu kamu membuat website yang cocok. Kami tidak membicarakan layanan jasa ya, karena biasanya berbayar.

Saat ini sudah banyak pilihan platform online untuk membuat website gratis. Contoh saja, bila kamu ingin membuat blog, maka layanan yang cocok adalah Medium.com atau Blogspot.com. Bila kamu ingin membuat toko online, kami sih menyarankan kamu mencoba SIRCLO.com. Sedangkan About.Me cocok bila kamu ingin memiliki portfolio online pribadi. Bila ingin membuat portfolio online perusahaan, bisa menggunakan WordPress.com.

Semua layanan di atas sangat sederhana dan dapat digunakan oleh pemula yang ingin membuat website gratis. Kamu juga bisa mencari platform online lainnya di Google.

Langkah 3: Pelajari fitur yang tersedia untuk pengguna gratis

Namanya juga gratisan, pastinya fitur yang dapat digunakan pun terbatas. Fitur pertama yang pastinya dibatasi ialah nama domain. Bila kamu harus membeli sendiri nama domain, harganya dimulai dari 100 ribuan rupiah hingga miliaran rupiah, tergantung dari harga namanya. Nah, bila membuat website gratis, kamu harus rela menggunakan nama domain platform yang digunakan.

Contohnya bila kamu ingin memakai nama Fashion Imut dan menggunakan layanan gratis dari SIRCLO, maka nama websitenya menjadi www.fashionimut.mysirclo.com. Hal yang serupa juga terjadi di platform lainnya seperti About.me/fashionimut, Medium.com/fashionimut, dan fashionimut.wordpress.com.

Fitur kedua yang terbatas ialah jumlah konten yang bisa dimasukkan. Namun kamu tidak perlu memusingkan hal ini, sebab jumlah storage untuk pengguna gratis biasanya sudah cukup memadai. Contoh saja para online seller bisa memasukkan hingga 100 produk di SIRCLO secara cuma-cuma! Bila kamu sampai memiliki kebutuhan kuota lebih, disarankan untuk rela mengocek uang untuk tambahan kapasitas ya.

Pelajari lagi fitur-fitur yang tersedia untuk pengguna gratis. Dan putuskanlah layanan mana yang terbaik untuk kebutuhan kamu saat ini.

Langkah 4: Mulai membuat website

Akhirnya! Mari membuat website! Dan caranya sangat simple, dan relatif mirip untuk semua platform.

Pertama, buka platform online yang diinginkan dan daftarkan diri kamu.

Kedua, pilih template website yang sesuai. Nanti kamu bisa mengubah template ini di lain waktu, jadi tidak perlu takut!

Ketiga, masukkan nama domain dan data lainnya untuk pembuatan website. Pastikan kamu memilih hanya produk gratis di seluruh tahap ini.

Voila! Selesai!

Oh ya, kamu juga bisa mengunjungi panduan yang sudah kami buat untuk membuat toko online gratis di SIRCLO.

Langkah 5: Maintenance

Home Sweet Home!

Nah, kalau kamu sudah memiliki rumah, apa sih yang kamu harus lakukan agar tinggalnya bisa lebih betah? Tentu saja dengan memasukkan berbagai perabotan di dalamnya!

Dalam hal ini, kamu juga harus siap memasukkan berbagai konten seperti tulisan dan foto ke dalam website kamu. Tidak hanya itu, kamu pun juga perlu “merenovasi” tampilan website agar tampak lebih indah di mata.

Bila kamu sendiri sudah cukup senang dengan tampilan dan isi website, maka jangan lupa untuk dibagikan ke teman-teman! Undang mereka masuk ke dalam website biar lebih meriah!

Baca juga sob, Kumpulan Situs Untuk Membuat Website Gratis


Tinggalkan Balasan

X