Cara Membuat Situs WordPress Multilingual dengan WPML

03Mei, 2020

Apakah Anda ingin membuat situs web Anda tersedia dalam berbagai bahasa? Secara default, WordPress tidak dilengkapi dengan fitur yang diperlukan untuk membuat situs multibahasa yang layak. Itu sebabnya dalam tutorial ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana membuat situs WordPress multibahasa multibahasa dengan plugin WPML yang populer .

Membuat situs WordPress multibahasa dengan WPML

Mengapa Membuat Situs WordPress Multilingual Menggunakan WPML?

Anda dapat menggunakan WordPress dalam bahasa apa pun yang Anda inginkan. Sangat mudah untuk membuat situs web dalam bahasa apa pun.

Sebagian besar tema dan plugin WordPress populer juga siap untuk diterjemahkan yang memudahkan siapa pun di dunia ini untuk memulai situs WordPress dalam bahasa mereka.

Namun, secara default WordPress hanya dapat mendukung satu bahasa pada satu waktu. Bagaimana jika Anda ingin menggunakan beberapa bahasa di situs untuk menarik audiens yang lebih luas?

Pemerintah, bisnis internasional, dan lembaga pendidikan seringkali perlu menawarkan situs web mereka dalam berbagai bahasa. Meskipun terjemahan mesin seperti Google Translate adalah sebuah opsi, seringkali tidak dapat diterima oleh sebagian besar organisasi profesional.

Salah satu cara untuk menawarkan beberapa pilihan bahasa adalah dengan menginstal WordPress di subdomain untuk setiap bahasa. Ini banyak masalah, karena Anda harus mengelola pembaruan , dan mencadangkan semua instalasi itu.

WPML (WordPress Multilingual Plugin) menyelesaikan masalah ini dengan memungkinkan situs web Anda menjadi multibahasa. Anda dapat menggunakan instalasi WordPress yang sama untuk membuat konten ke berbagai bahasa.

Ini menawarkan antarmuka yang mudah digunakan untuk mengelola terjemahan. Ini juga menambahkan opsi alih bahasa untuk pengguna Anda.

Karena itu, mari kita lihat bagaimana Anda dapat membuat situs web WordPress multibahasa multibahasa dengan WPML dalam hitungan menit.

Related  Kumpulan perintah dasar LINUX

Membuat Situs WordPress Multilingual dengan WPML

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin WPML (WordPress Multi-bahasa) . Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan langkah demi langkah tentang cara memasang plugin WordPress .

Catatan: WPML adalah plugin berbayar, tetapi sejauh ini merupakan opsi yang paling komprehensif. Ada alasan mengapa lebih dari 400.000 situs web menggunakan WPML untuk membuat situs WordPress multibahasa.

Setelah aktivasi, plugin akan menambahkan item menu baru berlabel 'WPML' di menu WordPress Anda. Mengkliknya untuk pertama kali akan membawa Anda ke panduan pengaturan plugin.

Pengaturan WPML - Pilih bahasa utama

WPML akan secara otomatis mendeteksi bahasa situs WordPress Anda. Anda dapat mengubahnya di sini sekarang jika Anda mau.

Klik pada tombol selanjutnya untuk melanjutkan.

Pada layar berikutnya, Anda akan diminta untuk memilih bahasa yang ingin Anda aktifkan di situs Anda. Cukup pilih bahasa dari daftar yang ingin Anda tambahkan ke situs Anda.

Pilih bahasa

Anda selalu dapat menambah atau menghapus bahasa nanti jika perlu. Setelah memilih bahasa situs Anda, klik tombol selanjutnya.

Sekarang Anda akan diminta untuk menambahkan pengalih bahasa ke situs Anda. Pengalih bahasa ini akan memungkinkan pengguna Anda memilih bahasa untuk melihat konten dalam bahasa pilihan mereka.

Pengalih bahasa

WPML memungkinkan Anda untuk menambahkan pemindah konten secara otomatis sebagai widget bilah sisi, di menu navigasi Anda, atau ditampilkan sebagai daftar biasa.

Selain itu, Anda juga dapat memilih untuk memilih flag atau teks untuk pengalih bahasa. Setelah Anda menentukan pilihan, klik tombol selanjutnya.

Sebagai langkah terakhir, Anda akan diminta memasukkan kunci situs Anda. Jika Anda belum membuat satu, maka Anda dapat mengklik tombol 'Hasilkan kunci untuk situs ini'.

Daftarkan kunci situs untuk menerima pembaruan otomatis

Ini akan membawa Anda ke situs web WPML, di mana Anda akan diminta untuk menambahkan situs asal Anda ke akun WPML Anda.

Setelah situs Anda ditambahkan, Anda dapat mengkliknya untuk mendapatkan kunci situs Anda. Salin dan tempel kunci ini ke situs WordPress Anda.

Itu saja yang berhasil Anda selesaikan dari wizard pengaturan WPML. Anda sekarang dapat mengklik tombol Selesai untuk keluar dari pengaturan.

Related  Alat Pemeriksa Backlink Terbaik Tahun 2020

Menambahkan Konten Multilingual ke WordPress dengan WPML

WPML membuatnya sangat mudah untuk menerjemahkan setiap area situs WordPress Anda ke berbagai bahasa.

Anda akan dapat dengan mudah menerjemahkan posting, halaman, tag, kategori, dan tema WordPress Anda ke dalam banyak bahasa yang Anda inginkan.

Menambahkan Posting dan Halaman Multilingual

Cukup klik pada menu posting untuk melihat posting Anda yang ada. Anda akan melihat kolom bahasa di sebelah judul posting Anda.

Menambahkan terjemahan untuk posting

WPML mengasumsikan bahwa konten Anda yang ada adalah dalam bahasa utama situs Anda. Ini akan menampilkan tombol Tambah untuk setiap bahasa di sebelah posting Anda. Klik tombol add di bawah bahasa untuk menerjemahkan posting.

Anda juga dapat mengelola terjemahan dengan mengedit posting.

Pada layar edit posting, Anda akan melihat kotak meta 'Bahasa' baru untuk mengelola terjemahan.

mengelola terjemahan dari layar post edit di WordPress

Anda dapat menambahkan konten yang diterjemahkan sendiri atau Anda dapat menambahkan pengguna dan penulis ke situs WordPress Anda dan minta mereka menerjemahkan konten Anda untuk Anda.

WPML juga menawarkan cara yang lebih baik untuk mengelola pengguna yang bekerja sebagai penerjemah di situs web Anda. Jika Anda membeli Paket CMS Multilingual, maka Anda dapat menggunakan modul manajemen terjemahan mereka.

Modul manajemen terjemahan memungkinkan Anda menambahkan pengguna sebagai penerjemah terlepas dari peran apa yang mereka miliki di situs WordPress Anda. Anda bahkan dapat menambahkan pelanggan sebagai penerjemah.

Menambahkan penerjemah menggunakan modul manajemen penerjemah

Alih-alih mengedit posting, penerjemah ini akan dapat menambahkan terjemahan langsung di WPML.

Menambahkan Terjemahan untuk Kategori dan Tag

WPML memungkinkan Anda menerjemahkan kategori dan tag dengan mudah , atau taksonomi khusus lainnya yang mungkin Anda gunakan.

Kunjungi WPML »Terjemahan Taksonomi dan muat taksonomi khusus yang ingin Anda terjemahkan.

Misalnya: dalam tangkapan layar ini kami memilih kategori, dan itu menampilkan semua kategori dari situs contoh kami.

Terjemahan taksonomi

Klik tombol tambah di sebelah istilah taksonomi untuk menambahkan terjemahan.

Related  Download Windows 8 Profesional 32 & 64 bit

Menerjemahkan Menu Navigasi

WordPress hadir dengan sistem menu navigasi yang tangguh . WPML memungkinkan Anda untuk menerjemahkannya seperti halnya Anda menerjemahkan pos atau taksonomi.

Kunjungi Penampilan » Halaman menu di situs Anda. Jika Anda memiliki lebih dari satu menu, maka pilih menu yang ingin Anda terjemahkan.

Di kolom sebelah kanan, Anda akan melihat menu Anda dengan tautan untuk menerjemahkan ke bahasa lain yang diaktifkan di situs Anda.

Terjemahkan Menu dalam WordPress multibahasa

Mengklik pada bahasa akan membuat menu baru untuk bahasa itu. Anda perlu menambahkan item menu yang sama seperti di menu bahasa utama Anda.

Menerjemahkan menu navigasi

Jika Anda memiliki posting dan halaman di menu navigasi, maka Anda harus terlebih dahulu menerjemahkannya. Setelah itu Anda dapat menambahkannya dari tab di sebelah kiri di layar edit menu.

Jangan lupa klik tombol simpan untuk menyimpan menu Anda.

Menerjemahkan Tema, Plugin, & Teks Lainnya dengan WPML

WPML multibahasa CMS memungkinkan Anda untuk memilih antara terjemahan resmi tema dan plugin atau menggunakan penerjemah stringnya sendiri.

Pergi ke WPML »Tema dan halaman pelokalan plugin .

Muat file lokal untuk tema dan plugin

Secara default, Anda akan melihat 'Jangan gunakan Terjemahan Tali untuk menerjemahkan tema dan plugin' dicentang. Di bawahnya, Anda akan melihat kotak centang lain untuk secara otomatis memuat file .mo tema menggunakan 'load_theme_textdomain'.

Anda dapat mencentang kotak ini untuk melihat apakah ada file terjemahan yang tersedia untuk tema Anda. Ini hanya berfungsi dengan tema yang diunduh dari direktori tema WordPress.org.

Pengaturan ini tidak berfungsi dengan baik untuk sebagian besar situs web. Tidak semua tema dan plugin WordPress memiliki terjemahan. Dalam beberapa kasus terjemahannya tidak baik atau tidak lengkap.

Kami merekomendasikan penggunaan modul Terjemahan Tali WPML untuk menerjemahkan tema dan plugin Anda dengan benar ke situs Anda sendiri.

Modul ini juga memungkinkan Anda menerjemahkan bidang khusus , widget, dan string terjemahan lain yang dihasilkan oleh WordPress.

Kami harap artikel ini membantu Anda mempelajari cara membuat situs multibahasa WordPress dengan WPML. Anda mungkin juga ingin melihat daftar 40 alat bermanfaat kami untuk mengelola dan mengembangkan blog WordPress Anda .

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan berlangganan YouTube Channel kami untuk tutorial video WordPress. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter dan Facebook .


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dicari Penulis Artikel dengan Tema Tutorial Seputaran Software ataupun Android!

X
Trust Guard Security Scanned