01Feb, 2019

Apakah Anda suka Putty? Ingin menjalankannya di sistem Linux, termasuk Ubuntu? Nah, Anda dapat menginstal dan menggunakan Putty di Ubuntu dan langkah-langkah di bawah ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana membuatnya bekerja ..

Putty, klien SSH ringan yang dikembangkan untuk sistem Windows juga tersedia untuk digunakan pada mesin Linux, termasuk Ubuntu. Dikembangkan oleh Simon Tatham, itu mungkin menjadi klien SSH paling populer yang digunakan saat ini, meskipun mungkin tidak sepopuler dulu …

Hal-hal yang disukai kebanyakan orang tentang Putty adalah ringan, mudah diunduh, efisien, kompatibel dengan sebagian besar sistem operasi, dan menyelesaikan pekerjaan. Bahkan pada sistem Windows, tidak perlu menginstal. Unduh Putty executable dan jalankan. Sesederhana itu!

Saya tidak mengatakan Putty adalah klien SSH terbaik di luar sana. Nggak. Putty tidak dapat lengkap dengan banyak klien SSH yang terpelihara dengan baik. Tapi Putty memiliki banyak keuntungan yang dimiliki orang lain dan itulah mengapa orang masih pergi ke Putty ketika mereka perlu dengan cepat terhubung ke sistem melalui SSH.

Tutorial singkat ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menginstal dan menggunakan Putty pada mesin Ubuntu.

Step 1: Installing PuTTY

Untuk menginstal Putty, buka logon ke Ubuntu dan buka terminal baris perintah dengan menekan tombol Ctrl – Alt – T pada keyboard Anda. Ketika terminal terbuka, jalankan perintah di bawah ini untuk menginstal Putty.

sudo apt update
sudo apt install putty

Step 2: Using PuTTY

Setelah menginstal, buka Unity Dash atau menu aplikasi dan temukan aplikasi. Saat Anda membuka, Anda akan mendapatkan antarmuka yang sama dengan yang Anda miliki di sistem Windows. Sama seperti cara Anda menggunakannya di sistem Windows, aplikasi ini berfungsi dengan cara yang sama di sistem operasi Linux.

Layoutnya terlihat sama, tetapi dengan warna dan tema Ubuntu.

putty on ubuntu

Untuk terhubung ke server SSH, ketikkan alamat IP server dan nomor port, lalu klik Buka.

Bukan hanya SSH, Putty dapat digunakan untuk membuat koneksi Telnet, Serial dan Rlogin. SSH sebagian besar digunakan karena keamanannya dan bagaimana menangani data yang ditransfer antara dua sistem jaringan.

Nah, ini adalah bagaimana Anda menginstal dan menggunakan Putty pada sistem Ubuntu.

 


Tinggalkan Balasan

X