Cara Install Mikrotik CHR di VirtualBox GNS3 Simulator

26Mar, 2016
Pada Tutorial Mikrotik Indonesia sebelumnya sudah dibahas tentang Cara Install Mikrotik CHR di Qemu GNS3 Simulator. Kali ini kita masih akan membahas Mikrotik CHR, yaitu Cara Install Mikrotik CHR di VirtualBox untuk integrasi ke GNS3 Simulator.
Oke, Langsung saja kita mulai Tutorial Mikrotik ini :
1. Download dan Install GNS3 dan VirtualBox terbaru disini.
2. Download file Image VirtualBox nya dengan extensi .vmdk. Download disini.
2.  Buka VirtualBox nya –> Tambahkan Virtual Machine (VM) baru –> Beri nama VM tersebut dan pilih tipe nya, contoh nya seperti gambar berikut :
3. Pilih alokasi RAM nya, pilih saja default 64 MB.
4. Masukkan file image .vmdk yang sudah di download pad pilih hard disk –> Pilih Use an existing virtual hard disk file –> Cari file .vmdk nya –> Create.
5. Sampai disini, Mikrotik CHR sudah selesai dimasukkan ke VirtualBox.
6. Sebelum dijalankan, pastikan kita rubah setingan VM nya –> klik kanan pada VM –> klik Settings –> System –>  Acceleration –> pilih Paravirtualization Interface : KVM –> OK

NOTE : Jika hal ini tidak dilakukan, ketika VM CHR dijalankan maka setelah muncul text login Mikrotik, VM akan exit dengan sendirinya.

7. Oke, sekarang coba kita jalankan VM CHR nya. Bisa kita lihat lisensi Mikrotik CHR ini FREE alias GRATIS.
8. Buka GNS3 –> Masuk ke Edit –> Preferences –> VirtualBox VMs –> Klik New
9. Pilih VM CHR di VirtualBox yang sudah kita buat sebelumnya — > VM List –> Pilih VM CHR nya –> Finish
10. Masih di jendela yang sama –> klik Edit –> Masuk ke tab Network –> Isikan jumlah Adapter yang Anda inginkan, misalnya 5 –> Sehingga jumlah port LAN (interface) nya juga 5 –> Centang juga kotak Allow dibawahnya –> OK
11. Kita juga bisa merubah gambar Icon dari Mikrotik CHR nya –> Klik Kanan –> Change symbol –> Pilih gambar icon yang anda inginkan –> OK.
10. Sekarang bisa kita coba masukkan VM CHR Mikrotik nya ke lembar kerja.

NOTE : Mikrotik CHR VirtualBox hanya bisa dimasukkan satu kali per VM. Jadi jika anda mau menggunakan 3 router, maka anda juga harus membuat 3 VM di VirtualBox.

11. Jalankan Mikrotik CHR nya. Jendela VirtualBox VM akan muncul untuk booting dan Kita bisa login ke Mikrotik nya.
Yang saya suka dari VirtualBox adalah proses booting Mikrotik CHR nya yang lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan Qemu. Tapi kelemahannya 1 VM hanya bisa digunakan untuk 1 Router saja.
Bisa dibayangkan jika kita mau pakai 20 router maka kita juga harus membuat 20 VM Mikrotik CHR di VirtualBox :D. Hal ini tentunya sangat merepotkan dan akan memakan banyak resource CPU dan RAM PC/Laptop kita.
Untuk memudahkan Anda dalam mengkonfigurasi Mikrotik CHR nya, Anda bisa remote Mikrotik CHR via Winbox dan koneksikan ke Internet. Caranya sama seperti disini :

Cara Mengkoneksikan Mikrotik GNS3 ke Winbox dan Internet


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X