19Mar, 2018

Seperti yang Anda tahu, Photoshop merupakan salah satu perangkat lunak untuk keperluan editing gambar, bahkan bisa dibilang Photoshop adalah rajanya di bidang ini. Hingga setiap kali muncul foto-foto heboh para tokoh masyarakat selalu muncul istilah “sotosop” yang merupakan plesetan dari kata Photoshop, hal ini membuktikan begitu identiknya Photoshop dengan editing atau rekayasa gambar.

Memang Photoshop memiliki fitur yang dikemas sedemikian rupa sehingga relatif user-friendly, di mana pengguna dapat melakukan berbagai fungsi seperti cropping, mengubah ukuran gambar, hingga fungsi-fungsi canggih lain yang diperlukan untuk editing sebuah gambar.

Namun sayangnya, harga perangkat lunak ini relatif mahal, saat artikel ini ditulis, harga Photoshop di website resminya Adobe.com sebesar $13 per bulan atau kalau bayar sekali bisa mencapai $400 lebih.

Oleh sebab itu, sebagian besar orang yang tidak punya budget untuk beli software Photoshop akhirnya mencari ‘versi gratis’ alias bajakan di banyak website sharing/torrent/download site.

Tetapi solusi seperti ini tidak direkomendasikan karena selain itu illegal atau bajakan, yang kedua, ada resiko terkena virus/malware. Sudah terbukti, banyak hacker menyusupin code-code malware/virus di software-software populer yang di-sharingkan tersebut.

Nah kebetulan, saat browsing dan membaca-baca di internet, saya menemukan cara untuk men-download atau mendapatkan Adobe Photoshop secara Gratis, langsung dari website Adobe nya sendiri, jadi sudah pasti aman / tidak disusupi oleh malware/virus.

Memang sih yang diberikan adalah Adobe Photoshop versi CS2 yang sudah cukup “jadul” alias ketinggalan jaman ya, di mana versi ini rilis sekitar tahun 2005. Saat ini versi terbaru sudah hingga CS6 bahkan yang lebih baru lagi adalah versi CC (Creative Cloud).

Namun tenang saja, walaupun jadul tapi versi CS2 sudah cukup powerful untuk membantu Anda melakukan editing gambar.

Ada banyak pro dan kontra mengenai apakah ini legal atau lisensi resmi atau bukan. Ada yang bilang itu cara Adobe mempromosikan Photoshop, kasi versi lama, kalau orang dah biasa pakai, akan beli versi baru.

Ada juga yang bilang itu karena sistem aktivasi Photoshop versi CS2 telah dihentikan (tidak jelas sistem berhenti akibat kesalahan teknis atau memang sengaja dihentikan). Ada pula yang bilang, ini hanya untuk orang yang pernah beli Photoshop sebelumnya. Tetapi semua itu tidak jelas, tidak ada penjelasan resmi dari Adobe.

Tapi intinya, Anda bisa dengan mudah mendapatkan Adobe Photoshop CS2 ini secara GRATIS, dapat license code nya, langsung dari website Adobe sendiri. Anda hanya perlu buat account Adobe ID. Penjelasan lengkap langkah demi langkah silakan pelajari tutorial di bawah ini

Disclaimer: Informasi yang dibagikan di artikel ini, tidak berarti Anda memiliki lisensi software Photoshop resmi. Saya hanya sharing pengalaman dan tidak bertanggung-jawab atas resiko yang terjadi akibat penggunaan software ini.

Oh iya, perlu diketahui pula bahwa ini adalah produk lama yang sudah tidak lagi disupport oleh Adobe, maka ada kemungkinan software tidak dapat bejalan dengan sempurna di OS baru Anda. Tentu saat dulu dibuat, software ini berjalan dengan baik di OS generasi lama, seperti informasi System Requirements berikut:

CS2 system requirements

  • Mac OS X v.10.2.8–v.10.3.8. PowerPC® G4 or G5 processor
  • Microsoft® Windows® 2000/Windows XP. Intel® Pentium® III or 4 processor

Berikut ini panduan tentang cara mendapatkan Adobe Photoshop CS2 Gratis beserta cara instalasinya.

Langkah 1 – Download File Installer Photoshop CS2

1. Silahkan klik di sini
Note: Apabila link di atas tidak bisa, silahkan copy dan paste URL berikut pada Address Bar Browser Anda: https://www.adobe.com/cfusion/entitlement/index.cfm?loc=en&e=cs2_downloads

2. Klik link Get and Adobe ID apabila belum punya ID Adobe.
photoshop-cs2-01-login

3. Masukkan data Anda pada kolom yang tersedia, kemudian centang I have read and agree to the Terms of Use and Privacy Policy kemudian klik Sign Up.
photoshop-cs2-02-register

4. Kemudian Anda akan masuk ke halaman download, centang I Accept.
photoshop-cs2-03-download-page

5. Kemudian Anda scroll ke bawah cari bagian Download Acrobat 7 and CS2 products kemudian klik kolom English.
photoshop-cs2-03-download-page-2

6. Setelah itu akan muncul daftar file download, silahkan cari bagian Photoshop CS2 kemudian Anda klik sesuai dengan Operating System yang Anda gunakan, apakah itu Windows atau Mac. Di bagian ini juga terdapat Serial Number yang perlu Anda catat, karena nantinya akan perlu Anda gunakan.
photoshop-cs2-04-download-page-step-2

Langkah 2 – Install Photoshop CS2

1. Setelah selesai download silahkan buka file PhSp_CS2_English.exe yang sudah Anda download.
photoshop-cs2-05-install-exe

2. Kemudian muncul Window InstallShield Wizard, klik Next
photoshop-cs2-06-install-1

3. Tunggu proses
photoshop-cs2-06-install-2

4. Setelah itu muncul Window Setup, klik Next
photoshop-cs2-06-install-3

5. Klik Accept pada License Aggrement
photoshop-cs2-06-install-4

6. Isi Data dan Serial Number (lihat Langkah 1 bagian nomor 6 untuk memperoleh Serial Number)
photoshop-cs2-06-install-5

7. Pilih Destination Folder (optional), kemudian klik Next
photoshop-cs2-06-install-6

8. Klik Next lagi
photoshop-cs2-06-install-7

9. Klik Install
photoshop-cs2-06-install-8

10. Tunggu proses instalasi hingga selesai.
photoshop-cs2-06-install-9

11. Hilangkan centang, kemudian klik Finish.
photoshop-cs2-06-install-10

Sampai sini proses install Anda sudah berhasil dan selesai.

Langkah 3 – Buka Photoshop CS2

1. Cari dan jalankan program Photoshop yang sudah Anda install, biasanya ada di Start Menu kalau di Windows.
photoshop-cs2-07-launch-1

2. Apabila muncul window Registration setelah menjalankan Photoshop, klik Do Not Register.
photoshop-cs2-07-launch-2

3. Kemudian akan muncul window Welcome, hilangkan centang Show this dialog at startup kemudian tekan tombol Close, supaya setiap kali Anda membuka Photoshop tidak lagi muncul window ini.
photoshop-cs2-07-launch-3

4. Apabila muncul window Updater, hilangkan centang Automatically check for updates every month kemudian klik OK, ingat ini adalah Photoshop versi CS2 yang sudah dihentikan pengembangannya oleh Adobe jadi tidak mungkin juga tidak akan ada update lagi.
photoshop-cs2-07-launch-4

SELESAI! Selamat ber-Photoshop ria.


Tinggalkan Balasan

X