Brave Browser Rilis Iklan yang Membayar Para Penggunanya

01Mei, 2019

Browser Brave hari ini merilis Brave Ads, platform periklanan digital miliknya, untuk pengguna desktop di Kanada, Perancis, UK, dan Amerika Serikat. Melalui Brave Ads, Brave akan membayar pengguna ketika berinteraksi dengan iklan yang ditawarkan. Untuk berpartisipasi dalam program Brave Ads, pengguna diharuskan untuk menggunakan rilisan terbaru dari Browser Brave di desktop. Selain itu, pengguna yang berada di negara yang disebutkan di atas juga diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu melalui tautan berikut.

Brave Browser Rilis Iklan yang Membayar Pengguna

Brave merupakan browser open-source berbasis Chromium yang dikembangkan oleh Brave Software, di bawah asuhan CEO Brendan Eich. Beliau adalah pencetus bahasa pemrograman JavaScript, dan salah satu pendiri Mozilla. Menurutnya, platform periklanan digital milik Brave dapat memperbaiki ekosistem periklanan digital yang sedang rusak dan dipenuhi dengan penipuan; serta membantu para pengguna menjaga privasi data mereka.

Oleh karena itu, pengguna yang terdaftar akan mendapatkan komisi 70 persen dari seluruh pendapatan iklan. Sisanya, 30 persen, akan diklaim oleh Brave. Pengguna juga akan menerima bayaran dalam bentuk Basic Attention Tokens (BAT); sebuah mata uang kripto yang nilainya dapat didonasikan kepada situs favorit atau pembuat konten.

Brave iklan membayar
Kredit gambar: Brave

Secara default, Brave mengatur BAT yang pengguna dapatkan untuk didonasikan ke situs favorit yang sering dikunjungi. Namun, dikutip dari TechCrunch, Brave saat ini juga sedang mengembangkan inisiatif baru yang memungkinkan pengguna untuk menukar BAT dengan hadiah, seperti voucher hotel atau restoran. Selain itu, Brave juga berharap pengguna dapat mencairkan BAT menjadi uang asli di kemudian hari melalui perusahaan penyedia jasa pertukaran mata uang digital, seperti Coinbase dan Uphold.

Selain itu, iklan yang ditawarkan juga akan diatur agar dapat menjaga privasi data pengguna. Penargetan iklan akan dilakukan di perangkat yang digunakan. Hal ini membuat pihak Brave dan pengiklan tidak dapat mengakses data pengguna ketika berselancar menggunakan Brave. Brave mengatakan jika iklan yang ditawarkan datang dari partner mereka sendiri, yaitu Vice, Home Chef, ConsenSys, Ternio BlockCard, MrCrypto, dan eToro.

Meskipun komisi yang didapatkan pengguna dari program Brave Ads tidaklah besar, menurut saya, hal ini merupakan langkah yang bagus dalam dunia periklanan digital, di mana pengguna juga mendapatkan timbal balik ketika berinteraksi dengan suatu iklan. Selain itu, pengguna juga tidak seharusnya dikhawatirkan dengan iklan bertarget yang menggunakan data pribadi sebagai ‘alat perdagangan’ antara pemilik jaringan periklanan dan pengiklan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X